Description

Cara Memulai Bisnis Fotografi Yang Menguntungkan

Ilustrasi Desain BerkatnewsTV
Ilustrasi Desain BerkatnewsTV

BerkatnewsTVBisnis fotografi sekarang ini menjadi incaran banyak orang. Bagaimana tidak, seiring dengan perkembangan zaman, dan teknologi yang kian maju. Membuat banyak sekali kesempatan pekerjaan di dunia digital.

Semakin canggihnya dunia digital, mengedit foto memang menjadi semakin mudah. Sehingga bisa membuat gambar atao foto kita terkesan menarik, baik dengan tambahan backround ataupun tidak. Pengguna jasa edit dan fotografi pun bertebaran.

Berdasar itulah, memulai bisnis fotografi kian digandrungi dan bahkan semakin menyenangkan jika Anda mempunyai hobi memotret dan edit foto. Sehingga di dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara memulai bisnis fotografi yang menguntungkan, serta melayangkan bisnis ini pada dunia online.

7 Cara Memulai Bisnis Fotografi yang Menguntungkan

Bisnis fotografi akan menjadi lancar bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah bergelut di dunia memotret. Namun hal ini di era sekarang, sebenarnya tidak perlu repot belajar dengan cara mengikuti kursus, karena fotografi termasuk salah satu ilmu yang bisa dipelajari secara otodidak, atau belajar sendiri dari rumah.

Nah, bagi Anda yang tertarik membuka jasa atau bisnis fotografi, kira-kira kita bisa ngapain saja ya, ini dia caranya:

1.      Menganalisis Peluang Bisnis Fotografi

Bisnis apapun, untuk menjadikannya maksimal, Anda perlu menganalisis berapa besar peluang dan kemungkinan kerugian yang akan ditanggung. Namun sebagai pebisnis pemula, Anda bisa menganalisisnya dari segi peluang saja, biar lebih memudahkan memetakan analisisnya.

Era digital, bisnis fotografi sangat diperlukan banyak pihak. Tanpa adanya yang buka jasa ini, kayaknya bakal banyak yang kerepotan. Bagaimana tidak? Banyak sekali keperluan kepengurusan diri dari pemerintah saja, mengharuskan memasukkan foto dalam bentuk digital atau berupa file.

Tidak hanya yang berhubungan dengan pemerintah, melamar pekerjaan pun juga membutuhkan beberapa lembar foto resmi untuk diikutkan dalam berkas lamaran. Ini masih yang foto resmi ya, belum lagi kebutuhan mendokumantasikan momen penting seperti pernikahan, alias butuh prewedding.

Kesimpulannya, peluang bisnis fotografi sangat terbuka lebar, baik untuk pemula ataupun yang sudah berpengalaman.

2.      Fokuskan Bisnis Fotografi yang Ingin Anda Geluti

Kita sudah bisa melihat, kan? Bahwa banyak sekali kesempatan kita untuk masuk ke dunia bisnis yang satu ini. Lantas, apa kita harus menemima banyak sekali macam orderan? Sebagai permulaan atau awal membuka bisnis fotografi, tentu saja jawabannya jangan.

Kita harus lebih fokus ke salah satu bidang fotografi saja, misal Anda lebih suka memotret pemandangan dan juga kemantin, buka jasa wedding organizer, dan seterusnya, petakan keinginan Anda, pikirkan sesuai kemampuan juga.

3.      Merencanakan Bisnis Fotografi yang Sesuai dengan Keinginan Anda

Usaha fotografi rumahan, menjadi yang paling memihak untuk dijadikan bahan ajar atau membuka bisnis fotografi bagi pemula. Tentunya, rencanakan sesuai dengan keinginan Anda terlebih dahulu, dan mulailah dari rumah, agar mengelolanya lebih mudah.

Suatu saat, jika memang banyak testimoni yang mengatakan hasil fotografi Anda bagus, bisa langsung go online, ingat ini masih dalam angan-angan ya, karena Anda belum menyelesaikan langkah penting di bawah ini.

4.      Silahkan Membuat Nama Brand atau Logo Bisnis

Hal penting berikutnya saat Anda ingin mengetahui cara memulai bisnis fotografi yang menguntungkan adalah tentukan nama logo atau brand yang ingin Anda gunakan untuk bisnis ini. Pasalnya, logo juga sangat berperan dalam kelancaran Anda mendapatkan orderan.

Di mana dengan logo yang menarik dan unik, bisa membuat pelanggan mudah datang, meskipun awalnya hanya penasaran. Namun jika Anda bisa melayani pelanggan dengan baik, pasti peluang untuk mendapatkan orderan berikutnya terbuka lebar.

5.      Mulailah Secara Perlahan, Berikut dengan Peralatannya

Modal usaha fotografi menjadi hal yang paling penting dan krusial dalam membuka usaha fotografi. Jika memang Anda pemula, tidak usah muluk-muluk membuka bisnis ini dengan skala besar secara langsung, karena akibatnya akan fatal.

Usaha bisnis fotografi ini adalah usaha yang membutuhkan kemampuan atau skill, serta pengalaman. Namun, apakah tidak membutuhkan modal, meski hanya membuka usaha dalam bentuk yang sederhana?

Fotografi masih membutuhkan alat yang terbilang cukup mahal kalau dinominalkan dengan uang. Misalnya saja, kamera profesional, atau yang paling mudah DSLR, atau jika masih rumahan dan hanya buka jasa edit, pakai smartphone sepertinya cukup.

Hanya saja dengan tipe smartphone yang lumayan mahal pula, karena membutuhkan aplikasi yang bisa mengedit sekalian, dan memori butuh yang lebih besar, yups siapkan modal untuk membeli alat potret, seperti Tripod dan lain sebagainya.

6.      Gunakan Cara Pemasaran Baik Online Maupun Offline

Bisnis fotografi online kini kian digemari. Jika Anda sudah memulai bisnis ini dengan serius, peluang mendapatkan pelanggan di dunia online, terutama sosmed, sangat besar. Anda hanya perlu branding, promosi, dan juga giat melakukan komunikasi dengan calon klien.

Interaksi inilah yang nantinya gampang menyaring pelanggan, dan membuat pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi jual-beli jasa Anda.

7.      Asah Skill Terus-menerus dengan Menerima Orderan

Mengasah skill fotografi bisa dimanapun, jika Anda sudah punya niat yang bulat, bahkan dengan menerima orderan kecil dari sosmed, sangat bisa untuk Anda menjadikan bisnis ini besar di kemudian hari.

Bukankah yang besar, berawal dari yang kecil? Kegiatan fotografi membutuhkan kegiatan yang bisa mengasah kemampuan Anda dalam menganalisa foto yang bagus. Dengan latihan-latihan kecil, akan membuat kepekaan terhadap foto yang baik, akan jadi tajam.

Orderan kecil, pelanggan yang puas pun bisa dijadikan testimoni positif agar kepercayaan pelanggan lainnya pun bisa terjaga. Sekarang Anda hanya perlu menerima orderan dari segala arah, semoga sukses.

Mengenalkan Bisnis Anda di Dunia Online

Kegiatan fotografi adalah kegiatan yang berhubungan dengan memotret dan mengumpulkan hasil gambar atau foto yang layak, dan sesuai dengan target si pemotret. Namun bagi Anda yang menggunakan kegiatan fotografi ini sebagai bisnis, berarti Anda membuatkan hasil foto yang sesuai dengan permintaan klien atau pelanggan.

Mengenalkan kegiatan Anda di dunia online, sangat membantu keberhasilan bisnis fotografi Anda. Kira-kira dampak positif apa saja yang bisa Anda peroleh ketika membuka bisnis fotograf i secara online? Yuk amati.

Membuka bisnis secara online, mengenalkan produk jasa Anda kepada pelanggan dengan skala yang lebih besar, daripada hanya dalam lingkup sekitar rumah. Namun, karena jarak yang memisahkan klien dengan pemilik usaha, tentu yang berbicara baik buruknya bisnis kita adalah hasil dari testimoni.

Jangan pernah mengecewakan pelanggan, meski pelanggannya hanya memesan fotografi standar atau dasar. Karena dalam dunia online yang dinilai adalah etika kita, serta kemampuan kita dalam memanjakan pelanggan, pelanggan puas, mereka akan sangat mempengaruhi pelanggan lainnya.

Itu masih dalam lingkup jarak, bisnis fotografi secara online, kita bisa mengakali mendapatkan klien dengan copywriting yang bagus. Skill menulis Anda pun juga menjadi kunci, jika bisnisnya go online.

Lakukan promosi di akun Anda, dengan kata-kata yang membius pelanggan, wah mantap ini. Sekiranya yang paling penting adalah 2 hal tersebut, yaitu testimoni positif dan juga cara kita menarik pelanggan dengan copywriting yang apik.

Itulah dia beberapa penjelasan tentang cara memulai bisnis fotografi yang menguntungkan, semoga Anda terpuaskan ya!