Petugas kesehatan saat melakukan test swab kepada masyarakat.
Petugas kesehatan saat melakukan test swab kepada masyarakat. Foto: ist

Sekadau, BerkatnewsTV. Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau akan melakukan tracking test dengan target 7 ribu sampel swab guna antisipasi penyebaran Covid-19.

Untuk itu, masyarakat Sekadau diminta melakukan Swab di Puskesmas secara gratis.

Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Sekadau, Henry Alpius menuturkan, langkah yang dilakukan yaitu mengintruksikan puskesmas-puskesmas serta RSUD agar secara massif mengirimkan sampel Swab.

“Seperti usaha yang sudah kita lakukan, kendala nya adalah keterbatasan tenaga kesehatan,” ungkap Henry Alpius, Senin (5/10).

Baca Juga:

Henry menjelaskan, Dinkes Sekadau akan lebih gencar melakukan test massal serta akan bekerja sama dengan Dinkes Sintang agar hasil pemeriksaan swab cepat diketahui.

Henry menuturkan, pihaknya sudah mulai melakukan penginputan sistem. Akan tetapi tidak bisa secara manual karena Laboloratrium Untan minta by sistem.

“Jadi sistem itu yang sudah kita latih, sebelum mengirim sampel itu sudah booking tabung laboratorium, ketika sudah ada nomor tabung baru bisa dari Dinkes untuk di kirim ke Provinsi,” kata Henry.

“Sekarang mereka sudah ada pengalaman karena  mengikuti langsung selama satu bulan. Kita harapkan puskesmas puskesmas sudah mampu mengambil Swab dan dikirim ke Dinas Kesehatan,” tambahnya.

Henry tetap mengimbau kepada masyarakat untuk konsisten dan disiplin terhadap protokol kesehatan. Ia juga meminta agar masyarakat secara sukarela datang ke puskesmas terdekat untuk test swab.

“Bagaiman pun Pemerintah Daerah tetap berusaha, tetapi kalau masyarakat nya tidak menerapkan atau mengabaikan protokol kesehatan, semua usaha itu sia-sia”, tutur Henry.(gun)