Description

Makanan Penurun Kolesterol yang Dianjurkan

Makanan penurun kolesterol yang dianjurkan
Makanan penurun kolesterol yang dianjurkan. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah merupakan hal yang penting. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Perbanyak konsumsi makanan penurun kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Beruntungnya, ada banyak makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi.

Berikut beberapa makanan penurun kolesterol di antaranya:

1.Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Serat larut mengikat kolesterol di usus dan membawanya keluar dari tubuh.

2.Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glucan, sejenis serat larut yang sangat efektif menurunkan kolesterol LDL. Oatmeal juga kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

3.Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh ganda dan serat yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Biji-bijian seperti chia seed dan flaxseed juga kaya akan serat dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

4.Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL.

5.Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Alpukat juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

6.Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pir, dan pisang kaya akan pektin, sejenis serat larut yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

7.Kedelai dan Produk Olahannya

Kedelai dan produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai kaya akan isoflavon, senyawa yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Kedelai juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein.

Penting untuk diingat bahwa menurunkan kolesterol membutuhkan kombinasi diet sehat, olahraga teratur, dan jika perlu, pengobatan dari dokter. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rencana diet penurun kolesterol yang sesuai dengan kondisi Anda.

Dengan menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup aktif, Anda dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.(*)