Description

Sungai Raya Pecah Tiga Dapil di Pemilu 2024

Setelah rapat pleno pada Kamis (15/12), Komisioner KPU Kubu Raya menanda tangani penetapan dapil dan alokasi kursi di Kecamatan Sui Raya yang dipecah tiga untuk Pemilu 2024 mendatang
Setelah rapat pleno pada Kamis (15/12), Komisioner KPU Kubu Raya menanda tangani penetapan dapil dan alokasi kursi di Kecamatan Sui Raya yang dipecah tiga untuk Pemilu 2024 mendatang. Sumber foto KPU Kubu Raya

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kecamatan Sungai Raya di Kabupaten Kubu Raya direncanakan akan dipecah menjadi tiga daerah pemilihan (dapil) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Rencana itu telah menjadi satu dari dua rancangan yang telah diusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubu Raya kepada KPU RI.

Komisioner KPU Kubu Raya Encep Endan menyebutkan, tiga dapil di Kecamatan Sui Raya untuk Pemilu 2024 yakni Kubu Raya I dengan alokasi 8 kursi yang meliputi 5 desa antara lain Desa Sui Raya Dalam, Sui Raya, Parit Baru, Teluk Kapuas dan Arang Limbung.

Kemudian Kubu Raya II dengan alokasi 5 kursi yang meliputi 5 desa yakni Desa Limbung, Kuala Dua, Mekar Sari, Sui Asam dan Sui Bulan.

Serta Kubu Raya III dengan alokasi 4 kursi meliputi 11 desa yang meliputi Desa Kapur, Mekar Baru, Madu Sari, Sui Ambangah, Tebang Kacang, Kali Bandung, Muara Baru, Pulau Limbung, Pulau Jambu, Gunung Tamang dan Permata Jaya.

“Sehingga di Pemilu 2024 diusulkan ada penambahan satu dapil yakni di Kecamatan Sui Raya yang dipecah menjadi tiga dapil,” jelasnya, Sabtu (17/12).

Baca Juga:

Penambahan dapil di Sui Raya ini disebutkan Encep seiring pembentukan Kecamatan Kumpai Raya yang telah Perdanya telah disahkan DPRD bersama Pemkab Kubu Raya tanggal 29 Agustus 2022 lalu.

Untuk alokasi kursi d tiga dapil tersebut dikatakan Encep menjadi 17 kursi, bertambah 1 kursi dibandingkan Pemilu 2019 16 kursi.

“Satu kursi ini diambil dari dapil Kubu Raya VII (Sui Ambawang-Kuala Mandor B). Sehingga di sana menjadi 8 kursi dari semula 9 kursi di Pemilu 2019 lalu,” terangnya.

Penghitungan ini dijelaskan Encep berdasarkan jumlah penduduk yang sangat pesat di Kecamatan Sui Raya dibandingkan di Kecamatan Sui Ambawang – Kuala Mandor B.(rob)