Mahaiswa UNU Kalbar Dilatih Penulisan Karya Ilmiah

Wakil Rektor II UNU Kalbar, Jipridin usai memberikan pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah yang diikuti 60 orang mahasiswa perwakilan dari 10 prodi pada Sabtu (28/10). Foto: ros
Wakil Rektor II UNU Kalbar, Jipridin usai memberikan pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah yang diikuti 60 orang mahasiswa perwakilan dari 10 prodi pada Sabtu (28/10). Foto: ros

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sebanyak 60 orang mahasiswa UNU Kalbar perwakilan dari 10 prodi mengikuti pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah. Pelatihan ini merupakan bentuk Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar sebagai Kampus Berani Berkarya dan Berkontribusi sehingga terus mampu menunjukkan keberadaannya di kalangan masyarakat Kalbar.

Menurut Wakil Rektor II Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar, Jipridin, pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa di bidang penulisan karya ilmiah.

“Semoga dari pelatihan ini mahasiswa bisa terapkan dan terampil dalam menulis ilmiah,” harapnya.

Pelatihan dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan setiap hari Sabtu yang dimulai pada tanggal 14, 21 dan 28 Oktober 2023.

Ditambahkan alumni IAIN Pontianak ini, pelatihan ini berhasil menjaring 27 dari 60 peserta. Mereka tergabung dalam Komunitas Penulisan Karya Ilmiah di Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar.

Kesuksesan pelatihannya ini tentu saja tidak terlepas dari pihak penyelenggara yaitu Bidang Kemahasiswaan, Kajian Strategis, dan Sistem Informasi serta pemateri-pemateri dari akademisi Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar.

Baca Juga:

Untuk pemateri tentang Urgensi, Motivasi, dan Bentuk Karya Tulis Ilmiah dan Ideasi disampaikan Jamaludin, M.Ling. Materi tentang Program Kegiatan PKM, PPK Ormawa, P2MW dan Daftar Pustaka disampaikan Rizqy Fahria, M.Sc. Sementara materi tentang Bedah Proposal disampaikan Nurhaidah, M.Pd. Materi tentang Studi Literatur dan Penyusunan Paragraf disampaikan Gita Anggita S.T.P, M.Si.

“Mahasiswa terpilih tersebut diharapkan mampu memberikan gagasan atau ide terbaik yang dapat berkontribusi untuk memecahkan permasalahan di tengah masyarakat khususnya di Kalimantan Barat,” harap Jipridin.

Komunitas Penulisan Karya Ilmiah ini nantinya akan terus melakukan seleksi guna menjaring pemikir sekaligus penulis andal dari kalangan mahasiswa UNU Kalbar.

Ide-ide tersebut akan dirasakan masyarakat sebagai bentuk hadirnya mahasiswa yang mampu menjadi pemikir andal juga generasi mampu bersaing di tengah kemajuan pendidikan.(tmb)