Cara Jual Video di Shutterstock Tanpa Ditolak

Cara Jual Video Di Shutterstock Tanpa Ditolak
Cara Jual Video di Shutterstock Tanpa Ditolak. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

Berkatnewstv. Shutterstock adalah salah satu situs stok video terbesar di dunia yang menawarkan peluang bagi para pembuat video untuk menjual karya mereka secara online. Namun, tidak semua video yang diunggah ke Shutterstock akan diterima dan dibeli oleh pelanggan.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar ingin jual video di Shutterstock bisa laku. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan peluang video Anda diterima dan diminati oleh Shutterstock.

• Pastikan kualitas video Anda bagus. Video yang buram, bergoyang, berisik, atau memiliki masalah teknis lainnya akan ditolak oleh Shutterstock. Gunakan kamera yang berkualitas dan stabilizer jika perlu. Edit video Anda dengan software yang tepat untuk menghilangkan noise, menyesuaikan warna, dan memperbaiki kesalahan lainnya.

• Pilih subjek video yang menarik dan relevan. Shutterstock mencari video yang memiliki nilai komersial, yaitu video yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk berbagai keperluan, seperti iklan, film, dokumenter, atau media sosial. Subjek video yang populer antara lain adalah alam, binatang, manusia, gaya hidup, bisnis, teknologi, dan budaya. Hindari subjek video yang terlalu umum, spesifik, atau sensitif, seperti politik, agama, atau kekerasan.

• Patuhi aturan hak cipta dan privasi. Shutterstock tidak akan menerima video yang melanggar hak cipta atau privasi orang lain. Jika Anda menggunakan musik, logo, merek dagang, atau elemen lain yang bukan milik Anda di video Anda, pastikan Anda memiliki izin tertulis dari pemiliknya. Jika Anda merekam orang atau properti pribadi di video Anda, pastikan Anda memiliki surat pernyataan dari mereka yang memberikan persetujuan untuk penggunaan gambar mereka.

• Gunakan kata kunci yang tepat dan deskripsi yang jelas. Kata kunci dan deskripsi adalah cara untuk membuat video Anda mudah ditemukan oleh pelanggan di Shutterstock. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan subjek, suasana, lokasi, warna, dan elemen lain yang ada di video Anda. Jangan gunakan kata kunci yang tidak relevan atau menyesatkan. Deskripsikan video Anda dengan singkat dan informatif, tanpa menggunakan kalimat promosi atau opini pribadi.

• Perhatikan format dan ukuran file video Anda. Shutterstock menerima video dengan format MP4 atau MOV, dengan resolusi minimal 720p (HD) atau lebih tinggi (4K). Ukuran file video maksimal adalah 4 GB per klip. Jangan mengompresi atau memotong video Anda terlalu banyak agar tidak mengurangi kualitasnya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa meningkatkan peluang jual video di shutterstock diterima dan dibeli oleh pelanggan. Selamat mencoba dan semoga sukses.(*)