Description

Kapal Pembawa Sembako Tenggelam di Kayong Utara, 6 ABK Selamat

Tim SAR menyelematkan ABK Kapal Layar Motor Tirta Sejati 03 yang tenggelam di perairan Pulau Juante Kabupaten Kayong Utara, Kamis (6/4). Kapal tersebut membawa sembako dari Pontianak tujuan Ketapang.
Tim SAR menyelematkan ABK Kapal Layar Motor Tirta Sejati 03 yang tenggelam di perairan Pulau Juante Kabupaten Kayong Utara, Kamis (6/4). Kapal tersebut membawa sembako dari Pontianak tujuan Ketapang. Foto: ist/ SAR Pontianak/ tmB

Kayong Utara, BerkatnewsTV. Kapal Layar Motor Tirta Sejati 03 tenggelam di perairan Pulau Juante Kabupaten Kayong Utara, Kamis (6/4). Kapal tersebut membawa sembako dari Pontianak tujuan Ketapang.

“Kejadian nahas ini berlangsung begitu cepat, saat kami menerima laporan tenggelamnya kapal tersebut pukul 11.50 WIB kapal telah tenggelam 40 menit sebelumnya,” ungkap Kepala Basarnas Pontianak I Made Junetra dalam keterangan resminya, Kamis (6/4).

Baca Juga:

Ia sebutkan kapal naas ini bertolak dari Kota Pontianak dengan tujuan Ketapang dengan membawa barang-barang sembako serta terdapat enam anak buah kapal.

Kapal tersebut sebelum tenggelam di Kayong Utara itu mengalami kebocoran terlebih dahulu. Kondisi itu diperparah lagi dengan faktor cuaca ekstrem.

“Sebelum tenggelam kapal sempat mengalami kebocoran, gelombang serta angin yang kurang bersahabat pada saat itu menambah buruk kondisi kapal SEhingga akhirnya tenggelam,” terangnya.

Namun disebutkannya, seluruh Anak Buah Kapal (ABK) berhasil diselamatkan tim SAR gabungan. Antara lain Hendri (36), Ari (30), Adri (32) Kapten Kapal, Arifin (27), Udin (34) dan Usup (40).

“Setelah menerima laporan tersebut tim SAR gabungan langsung menuju lokasi tenggelamnya kapal dan berhasil melakukan evakuasi terhadap seluruh ABK,” tuturnya.

Seluruh ABK kemudian dibawa menuju Pelabuhan Sukabangun Ketapang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.(tmB)