banner 728x250

Lancar Bahasa Inggris Dengan Media Video

Penerapan belajar Bahasa Inggris dengan media video di SMK Negeri I Purwodadi.
Penerapan belajar Bahasa Inggris dengan media video di SMK Negeri I Purwodadi. Foto: aprilia

BerkatnewsTV. Lancar berbicara menggunakan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris menjadi impian sebagian besar orang. Bahasa Inggris merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan di banyak negara.

Selain sebagai alat komunikasi, Bahasa Inggris juga merupakan salah satu syarat untuk memasuki dunia kerja. Dikarenakan alasan tersebut, kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Ingris merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa terutama siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Namun siswa sering mengeluh bahwa berbicara menggunakan bahasa Inggris sulit. Mereka kesulitan dalam mengucapkan kosa kata dalam bahasa Inggris. Selain itu mereka juga enggan mencoba berbicara dalam Bahasa Inggris karena malu. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru mata pelajaran bahasa Inggris saat ini.

Seperti yang dialami oleh penulis di SMK Negeri 1 Purwodadi di kelas X. Masih banyak siswa yang kesulitan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Hal ini terlihat dari skor perolehan berbicara menggunakan Bahasa Inggris banyak yang masih di bawah KKM.

Karena alasan ini, penulis menerapkan pembelajaran berbicara menggunakan Bahasa Inggris menggunakan media Video.

Penggunaan berbagai media dalam pembelajaran bahasa Inggris sudah banyak digunakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan berbicara siswa. Salah satu media yang bisa digunakan yaitu video.

Video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan – pesan di dalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk, menurut Rusman dkk (2011).

Dalam proses pembelajaran, siswa dibagi ke dalam kelompok heterogen. Siswa diminta mengamati video. Kemudian siswa diberikan pertanyaan – pertanyaan berdasarkan video yang sudah mereka saksikan. Siswa diminta menyampaikan ide – ide yang mereka punya dalam Bahasa Inggris.

Pembentukan kelompok yang heterogen menjadikan siswa saling membantu memahami isi video.

Dengan bantuan media video yang diterapkan dalam pembelajaran, banyak manfaat yang didapatkan. Suasana belajar menjadi lebih menarik. Siswa lebih mudah memahami kosa kata baru beserta artinya dari gambar gerak yang mereka saksikan.

Selain itu, antusiasme dan keaktifan siswa juga mengalami peningkatan. Siswa banyak merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru. Pembelajaran menjadi lebih interaktif.

Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media video dalam pembelajaran Bahasa Inggris efektif dalam kemampuan berbicara siswa. Sebanyak 80 % siswa memperoleh skor di atas KKM.(*)

Penulis : Aprilia Feni Dewanti, S.Pd.
Guru SMK Negeri 1 Purwodadi