Description

Pecandu Narkoba Ingin Direhabilitasi Gratis

Kepala BNNK Kubu Raya A.H. Daulay
Kepala BNNK Kubu Raya A.H. Daulay

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kubu Raya membuka pintu bagi pecandu narkoba yang ingin direhabilitasi.

Kepala BNNK Kubu Raya A.H. Daulay menyatakan program rehabilitasi tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

“Siapapun para pencandu yang ingin direhabilitasi silahkan datang ke kantor. Jangan khawatir dan takut, akan kami rahasiakan identitasnya. Program rehabilitasi ini gratis, tidak dipungut biaya,” tegasnya disela workshop penguatan kapasitas kepada insan media untuk mendukung kota tanggap ancaman narkoba, Selasa (26/10).

Daulay sebutkan, rehabilitasi dapat dilakukan dua cara baik rawat jalan maupun rawat inap. Jika rehabilitasi rawat inap dapat dilakukan di Lido Bogor atau yang terdekat yakni di Batam bagi yang sudah ketergantungan.

“Jika rawat inap tentunya biaya yang dikeluarkan oleh pihak keluarga hanya lah biaya transportasi ke sana. Namun selama menginap di sana semuanya sudah ditanggung,” jelasnya.

Selama ini sambung Daulay, masih banyak masyarakat yang enggan merehabilitasi anggota keluarganya lantaran dianggap aib keluarga.

Baca Juga:

“Sampaikan saja ke kami akan bantu merehabilitasi anggota keluarganya yang pecandu untuk dipulihkan agar tidak lagi menggunakan narkoba. Dan bagi pecandu yang tertangkap razia atau operasi juga direhabilitasi setelah dilakukan assesment,” ucapnya.

Sepanjang 2021, sebanyak 23 pecandu narkoba telah menjalani program rehabilitasi rawat jalan. Sedangkan rawat inap belum ada.

“Rawat jalan ini bisa sampai delapan kali pertemuan. Itu akan kita lihat lagi hasil asesmentnya,” ujarnya.

Selain itu sambung Daulay, jika ada masyarakat yang ingin mendapatkan penyuluhan edukasi pecegahan narkoba maka BNN akan hadir di tengah masyarakat.

“Kami BNN siap untuk datang kapan saja asalkan diberitahukan dan dikoordinasikan terlebih dahulu agar dapat diatur jadwalnya,” ucapnya.(rob)