Description

Instagram, WhatsApp dan Facebook Mendadak Down

BerkatNewsTv – Layanan sosial media Instagram, WhatsApp dan Facebook tiba-tiba tidak bisa dibuka. Ternyata, aplikasi Instagram, WhatsApp dan Facebook Mendadak Down dan membuat pengguna dari ketiga aplikasi ini tidak bisa menggunakannya.

Tentunya anda panik dong, kenapa aplikasi Instagram, WhatsApp dan Facebook anda tidak bisa dibuka. Sebagian pengguna berfikir ini masalah gangguan terhadap jaringan.

Ternyata gangguan yang dialami bukan dari layanan jaringan internet, melainkan gangguan serentak dari ketiga aplikasi tersebut.

Gangguan pada aplikasi ini terjadi Senin ( 4/10/2021 ) malam hari. Down nya ketiga aplikasi ini tak hanya terjadi di Indonesia saja, dia asia tenggara juga mengalami hal yang sama.

Down pada ketiga aplikasi ini terjadi kurang lebih selama 3 jam, sehingga pengguna tidak dapat menerima pesan dari teman.

Pada akun sosial media twitter, pihak Facebook menyampaikan akan berupaya sebaik mungkin untuk memperbaiki masalah tersebut.

Dari pihak pengguna yang mencoba mengakses aplikasi Facebook pada daerah yang mengalami down server akan mendapatkan pesan “ maaf ada yang tidak beres. Kami sedang mengerjakannya dan kami akan memperbaikinya secepat kami bisa “.

Juru bicara Facebook mengakui bahwa sosial media Facebook memang sedang mengalami gangguan atau down server.

Andy Stone mengatakan “ Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mengalami kesulitan mengakses aplikasi kami “.

Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Error

Melansir The Guardian, Senin ( 4/10/2021 ) menyatakan, gangguan atau penyebab yang terjadi pada aplikasi ini yang mengalami down adalah DNS atau pada sistem nama domain nya yang telah terhapus.

Down ini terjadi karena mengubah nama situs web menjadi alamat numerik yang dapat dipahami oleh mesin dan membantu orang menemukan situs webnya.

Sebagai contoh, jika pengguna mengetik “ Facebook.com “ dalam beowser, maka DNS harus bisa memberikan alamat numerik untuk mendapatkan data yang mewaliki situs web tersebut.

Nah, karena DNS nya rusak atau terhapus, maka anda tidak dapat menemukan situs Facebook ini dan hilang dari browser. Sehingga anda mendapatkan pesan kesalahan dari Facebook.

Hal ini menyebabkan beberapa aplikasi sosial media mengalami down server, seperti aplikasi Instagram, WhatsApp, Facebook dan lainnya.

Gangguan terbesar dan yang paling dirasakan pengguna yaitu, gangguan pada akun Instagram, WhatsApp dan Facebook.

Ketiga aplikasi ini merupakan aplikasi yang di miliki atau yang terhubung dengan Facebook.

Gangguan yang terjadi pada senin (4/10/2021) merupakan gangguan terbesar dari yang sebelumnya.

Gangguan pada Perubahan Infrastruktur Jaringan Facebook

Penguji perangkat lunak, Adam Leon Smith, Chartered Institute for IT menyatakan “ gangguan disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada infrastruktur jaringan facebook “.

Melansir The Guardian menyatakan “ banyak perusahaan atau organisasi sekarang menghubungkan infrastruktur fisik dengan kode “.

Banyak perusahaan yang mengidefinisikan infrastruktur fisik sebagai kode, tapi sebagian besar tidak menerapkan tingkat pengujian yang sama ketika mereka mengubah kodenya. Katanya Smith.

Memberi Keterangan Pada Akun Twitter

Pada akun sosial media resmi twitter, pihak Facebook, WhatsApp dan Instagram serentak meminta maaf kepada pengguna atas ketidak nyamanannya karena terjadi gangguan pada aplikasi tersebut.

Pihak WhatsApp meminta maaf kepada pengguna yang mengalami masalah tidak dapat membuka atau mengakses aplikasi whatsApp karena mengalami down server.

“ Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda! “. Tilis akun resmi WhatsApp pada halaman Twitter.

“ Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini “. Ujar akun resmi Facebook pada hal Twitter.

Pengguna ke tiga akun ini heboh di akun twitter, banyak pengguna yang membandingkan ke tiga aplikasi tersebut dengan akun aplikasi Twitter yang masih bisa digunakan dengan baik tanpa ada nya masalah.

Sekilas Cara Mengatasi WhatsApp Error

Anda dapat coba mengatasi WhatsApp yang error dengan beberapa cara.

  • Cek Jaringan Internet

Lakukan pengecekkan jaringan internet saat WhatsApp anda mengalami masalah gangguan atau error. Pastikan jaringan internet terkoneksi dan aktif.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Coba untuk menyalakan dan mematikan mode pesawat, cara ini sama dengan restart ponsel.

  • Perikasi Penghemat Daya

Cara selanjutnya anda dapat melakukan pengecekkan pada penghemat daya pada ponsel android anda.

Biasanya ada aplikasi yang secara otomatis menghemat daya baterai ponsel dan akan membuat pesan WhatsApp anda tidak masuk.

  • Bersihkan Data Aplikasi WhatsApp

Bersihkan data whatsapp anda, sebelum melakukan pembersihan data anda harus backup terlebih dahulu data anda.

Kesimpulan

Itulah penjelasan terkait kendala yang dialamai akun Facebook, Instagram dan WhatsApp yang mengalami down saat, Senin (4/10/2021).

Downnya ke tiga aplikasi ini diperkirakan kurang lebih 3 jam.

Artikel kali ini memuat penjelasan mengenai “ Instagram, WhatsApp dan Facebook Mendadak Down “.

Semoga membantu menjawab pertanyaan anda yang kebingungan kenapa aplikasi sisoal media anda tidak bisa digunakan.

terimakasih