Description

Buah Kampung Asli Kalimantan Banjiri Sanggau

Buah asli Kalimantan atau buah hutan yang membanjir pasr-pasar di Kota Sanggau
Buah asli Kalimantan atau buah hutan yang membanjir pasr-pasar di Kota Sanggau. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Kabupaten Sanggau memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya kekayaan hutan berupa buah-buahan lokal yang telah familiar di masyarakat.

Beberapa buah lokal yang cukup digandrungi warga Sanggau diantaranya durian, pekawai, pingan, trap, mentawak, ceriak, tampui, manggis, langsat kampung, belimbing darah, beberapa jenis rambutan hutan yang cukup sulit penyebutan namanya dan masih banyak lagi jenis dan macam ragam buah lokal lainnya di Sanggau.

Buah-buahan lokal Sanggau itu pun tidak setiap saat bisa dinikmati, buahan-buahan ini hanya bisa dinikmati pada bulan-bulan tertentu.

“Biasanya antara bulan Juli sampai dengan September baru bisa kita temui di pasar tradisional,”kata Anggota DPRD Sanggau Yuvenalis Krismono yang juga salah satu penikmat buah lokal Sanggau, Minggu (15/8).

Baca Juga:

Hampir setiap Sabtu dan Minggu, bermacam ragam buah lokal khas Sanggau sangat mudah ditemui. Tak hanya buah-buahan lokal, sayur mayur lokal banyak dijual di pasar Kota Sanggau.

“Kalau Sabtu dan Minggu, pasti ramai di pasar tradisional. Banyak warga yang berburu buah-buahan lokal,” ujar Mono sapaan akrabnya.

Mono mengakui, buahan-buahan lokal asli Sanggau ini sangat baik dikonsumsi karena tanpa bahan kimia.

“Jadi, kalau mau menikmati buah-buahan lokal datang saja ke Kota Sanggau pada hari Sabtu dan Minggu,” pungkasnya.

Politisi Nasdem itu mendorong Pemerintah Daerah untuk mempromosikan buah-buahan lokal khas Sanggau. ia berharap para petani buah-buahan lokal ini diberikan kemudahan akses modal dan promosi sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka.

“Sebenarnya ini peluang yang cukup potensial untuk membantu mengangkat perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di perkampungan. Harapan saya, mereka ini juga harus diperhatikan,” pungkasnya.(pek)