Bupati Sanggau Paolus Hadi saat mencicipi durian serumbut yang diperlombakan saat festival durian di Pontianak. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Sanggau telah menyiapkan lahan seluas 22 hektar untuk pembudidayaan durian serumbut.

Kepala Dinas Hangpang Hortikan Sanggau, John Hendri mengatakan lahan tersebut berada di dua lokasi yakni di Desa Tae Kecamatan Balai dan 20 hektar di kawasan perbatasan.

“Dua hektar di Desa Tae Kecamatan Balai dan 20 hektar di Perbatasan. Itu artinya, durian lokal kita yang berasal dari Sanggau kita kembangkan lagi termasuklah Serumbut ini. Jadi, lahan ini dikelola langsung oleh petani,” jelasnya, Selasa (4/2).

Menurutnya durian Serumbut sekarang sudah dikenal semua orang. Dan sekarang ini karena hak patennya sudah dimiliki para penangkar bibit durian maka sudah boleh melakukan pengembangan dalam bentuk pembibitan dan penanamannya.

“Bibit sama pupuknya kita bantu. Untuk starting atau tahap awal, setelah itu silakan petani lagi yang mengembangkan. Pengalaman kita di Entikong itu 5-6 tahun sudah bisa panen,” tuturnya.(pek)