Warga Korban Puting Beliung Mendapat Bantuan

Bantuan dari pemerintah kabupaten maupun Dinsos Provinsi Kalbar diserahkan secara simbolis kepada perwakilan warga yang terdampak angin puting beliung. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya dan Pemprov Kalbar melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada korban terdampak puting beliung di Desa Ampera Raya Kecamatan Sui Ambawang Kubu Raya pada Rabu (14/8).

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan bantuan diberikan proporsional sesuai tingkat kerusakan rumah warga. Namun penanganan bersifat langsung akan segera dilakukan pihaknya terhadap sejumlah fasilitas umum yang terkena bencana. Di antaranya Musala Al-Lukman dan Posyandu Anggrek.

“Untuk rumah telah didata sembari warga juga ada yang pelan-pelan ikut memperbaiki sesuai kemampuannya. Kita membantu ini dalam bentuk material dan dalam bentuk data yang sudah dimasukkan untuk menggunakan dana tanggap darurat dan bantuan sosial. Mudah-mudahan secepatnya nanti bisa langsung,” terangnya.

Sementara untuk musala dan posyandu Muda mengintruksikan segera langsung diperbaiki mengingat kedua bangunan itu merupakan sarana publik. Termasuk bangunan sekolah yang berada di Ambawang.

“Untuk pendataan, pemerintah daerah telah mendata warga yang terkena bencana. Melalui instansi terkait, dilakukan pengecekan secara rinci terhadap rumah-rumah yang terdampak puting beliung,’ ucapnya.

Salah satu anggota DPRD Kubu Raya Ngatiman yang rumahnya terdampak puting beliung menyebutkan, terjangan puting beliung juga berakibat padamnya listrik.

“Saat ini sebagian listrik perumahan warga sudah mulai menyala tapi ada juga perumahan warga yang belum menyala. Pihak PLN dari kemarin sudah datang untuk memeriksa dan rencananya hari ini kembali datang untuk memperbaiki instalasi listrik yang rusak dan kurang baik,” jelasnya.(rob)

Tulis Komentar