Daftar capaian imunisasi MR di seluruh Kalbar. Kabupaten Sambas urutan tettnggi progres keberhasilannya sedangkan Kayong Utara terendah. Sumber Dinas Kesehatan Kalbar

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kalbar, Marsalina mengungkapkan dari target sasaran 1.299.411 anak se Kalbar capaiannya baru 65 persen atau 410.252 anak.

“Sambas merupakan kabupaten yang capaiannya tertinggi yakni 96 persen dari target 144.505 anak. Sedangkan terendah Kayong Utara baru 17 persen atau 25.093 dari target 30.411,” ungkapnya.

Kubu Raya ia katakan memang merupakan sasaran yang terbesar lantaran jumlahnya sangat besar. Namun kabupaten termuda di Kalbar ini ternyata masih terendah capaiannya.

Dikatakan Marsalina, masih rendahnya capaian imunisasi MR disebabkan sejumlah faktor. Antara lain kondisi geografis, berita hoax seperti ada anak pada saat diimunisasi menderita sakit padahal sebelumnya sudah mengidap penyakit.

Selain itu fatwa MUI yang sebelumnya menyatakan haram kemudian fatwa terbaru membolehkan ketika imunisasi sedang berjalan.

“Ditambah lagi ada sekolah-sekolah dibawah naungan Kemenag menyatakan menolak,” tuturnya.

Namun dengan waktu yang telah diperpanjang hingga akhir Oktober ini, maka disebutkan Marsalina pihaknya akan terus berupaya maksimal agar imunisasi MR dapat mencapai target minimal 95 persen.(rob)