Cara Agar Hasil Video Edit di VN Tidak Pecah dan Buram

Cara agar hasil edit video di VN tidak pecah dan buram
Cara agar hasil edit video di VN tidak pecah dan buram. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. VN adalah salah satu aplikasi edit video yang populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik dan mudah digunakan, seperti transisi, filter, stiker, musik, teks, dan lain-lain.

Namun, ada beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna VN, yaitu hasil video yang pecah dan buram. Hal ini tentu sangat mengganggu kualitas video.

Description

Lalu, bagaimana cara agar hasil video edit di VN tidak pecah dan buram? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

  1. Perhatikan Resolusi Video Asli

Resolusi video adalah ukuran gambar yang ditampilkan dalam satuan piksel. Semakin tinggi resolusi video, semakin jelas dan tajam gambar yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin rendah resolusi video, semakin pecah dan buram gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan video dengan resolusi tinggi sebagai bahan editan.

  1. Sesuaikan Resolusi Output Dengan Resolusi Input

Resolusi output adalah ukuran gambar yang dihasilkan setelah proses editing selesai. Resolusi output harus disesuaikan dengan resolusi input agar tidak terjadi penurunan kualitas gambar. Jika Anda menggunakan video dengan resolusi tinggi sebagai input, maka sebaiknya Anda juga mengatur resolusi output dengan nilai yang sama atau lebih rendah.

  1. Gunakan Fitur Sharpening Dengan Bijak

Sharpening adalah proses meningkatkan ketajaman gambar dengan cara menambahkan kontras antara piksel-piksel yang berdekatan. Fitur ini bisa membantu mengatasi masalah gambar yang buram, tetapi jika digunakan secara berlebihan, bisa menyebabkan gambar menjadi pecah dan bergerigi.

  1. Hindari Penggunaan Filter atau Efek yang Terlalu Banyak

Filter atau efek adalah fitur yang bisa menambahkan nuansa atau kesan tertentu pada video, seperti warna, cahaya, bayangan, dan lainnya. Fitur ini bisa membuat video menjadi lebih menarik dan artistik, tetapi jika digunakan secara berlebihan, bisa menyebabkan gambar menjadi pecah dan buram. Oleh karena itu, hindari penggunaan filter atau efek yang terlalu banyak dan pilihlah yang sesuai dengan tema atau konsep video Anda.

  1. Simpan Video Dengan Format dan Kualitas yang Tepat

Format video adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan data video, seperti MP4, MOV, AVI, dan lainnya. Kualitas video adalah tingkat detail dan kejernihan gambar yang ditampilkan dalam satuan bit rate. Bit rate adalah jumlah data yang ditransfer per detik dalam satuan bit. Semakin tinggi bit rate, semakin baik kualitas video, tetapi semakin besar ukuran file. Sebaliknya, semakin rendah bit rate, semakin buruk kualitas video, tetapi semakin kecil ukuran file.(*)

Description