Description

Cegah Intoleran, Guru Agama Ajarkan Siswa Moderasi Beragama

Asisten 1 Setda Pemkab Ketapang Heryandi
Asisten 1 Setda Pemkab Ketapang Heryandi

Ketapang, BerkatnewsTV. Guru pendidikan agama islam harus dapat mendampingi dan mengarahkan siswanya dengan memberikan pemahaman moderasi beragama, sehingga peserta didik tidak terjerumus ke dalam ajaran Islam liberal atau intoleran

“Sehingga nantinya para siswa menjadi generasi yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah serta kreatif,” ujar Asisten 1 Setda Pemkab Ketapang Heryandi saat membuka raor (Rakor) Guru Pendidikan Agama Islam Tingkat SD/SMP, Selasa (15/8).

Lewat rakor ini ia berharap dapat menyamakan pandangan atas berbagai kebijakan bidang pendidikan agama Islam serta dapat diimplementasikan kepada anak didik. Selain itu juga rakor ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru agama Islam.

Baca Juga:

Sementara itu Analisis Kebijakan Bagian Kesra Oka Mahendra menjelaskan, ada 5 materi yang akan dibahas pada rakor ini, yaitu pengenalan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (PPRA) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Kelompok Kerja Guru (KKG) bagi guru PAI, Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Praktek Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka PAI.

“Rakor ini diikuti oleh 100 orang guru pendidikan agama islam tingkat SD dan SMP yang berasal dari kecamatan di Kabupaten Ketapang. Adapun pelaksanaannya selama dua hari yaitu dari tanggal 14 Agustus hingga 15 Agustus 2023,” jelasnya.(naf)