Description

Landak Diguncang Gempa Bumi

Kabupaten Landak digundang gempa bumi pada Kamis (6/7) pagi. Guncangan lebih terasa di Kecamatan Air Besar.
Kabupaten Landak digundang gempa bumi pada Kamis (6/7) pagi. Guncangan lebih terasa di Kecamatan Air Besar. Sumber BMKG Kalbar

Landak, BerkatnewsTV. Kabupaten Landak diguncang gempa bumi pada Kamis (6/7) pagi. Guncangan lebih terasa di Kecamatan Air Besar.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=2.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.62 LU dan 110.0 BT, atau tepatnya berlokasi 102 km timur laut Pontianak-Kalimantan Barat pada kedalaman 8 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,” sebut BMKG Kalbar melalui keterangan resminya, Kamis (6/7).

Baca Juga:

Berdasarkan laporan masyarakat, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut.

Akan tetapi hingga siang ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kendati demikian, BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Kecamatan Air Besar dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(tmB)