Gubernur Kalbar saat melepas kafilah Kalbar yang akan mengikuti STQ Nasional XXVI di Maluku Utara
Gubernur Kalbar saat melepas kafilah Kalbar yang akan mengikuti STQ Nasional XXVI di Maluku Utara. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Sebanyak 45 kafilah Kalbar akan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional Ke XXVI selama seminggu mulai 16 – 22 Oktober di Sofifi Provinsi Maluku Utara.

Kafilah Kalbar terdiri dari 18 orang diantarannya mengikuti 3 cabang lomba tilawah anak putra-putri,  dewasa putra-putri, hifsil Quran 5 golongan , 1 juz , tilawah putra-putri, kemudian 5 juz matilawah putra-putri, 10,20,30 juz. Serta, cabang ke-3 hifzil hadis untuk putra-putri 100 sanat, putra-putri 500 tanpa sanat. 

Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengingatkan agar tidak memasang target untuk mencapai prestasi.

“Saya melihat kontingen Kalbar memiliki potensi untuk menjadi juara. Saya tidak pernah memberi target. Pembinaan sudah bagus, maka prestasinya harus meningkat. Jadi, jangan menargetkan karena akan menjadi beban,,” ia mengingatkan disela melepas kontingan Kalbar, Rabu (13/4).

Baca Juga:

Kalimantan Barat pernah menjadi tuan rumah STQ Nasional ke-XXV tahun 2020 lalu dengan menoreh prestasi di beberapa cabang.

Ketua LPTQ Prov Kalbar, Brigjen Pol (Purn) Andi Musa mengatakan Kalbar tidak mengikuti 1 cabang lomba, yaitu tafsir bahasa Arab karena setelah seleksi pelatihan dibawah standar, sehingga tidak diberangkatkan.

Andi Musa yakin kafilah Kalbar bisa masuk sebagai 3 besar nasional, bahkan sebagai juara umum STQ Nasional Ke XXVI di Provinsi Maluku Utara.

“Insya Allah, 18 orang kafilah ini bisa lebih baik dari sebelumnya, minimal mempertahankan peringkat 5 nasional, seperti saat STQ ke XXV yang lalu. Ini menjadi motivasi seluruh kafilah, pelatih, dan pendamping. Jadi, harus ada target juara. Apapun capaiannya nanti, semoga telah diridhoi Allah,” harapnya.(aws/tmB)