Description

Belasan Rumah di Entikong Rusak Diterjang Banjir Bandang

Kondisi rumah warga di Entikong yang terdampak banjir bandang. Sejumlah rumah mengalami kerusakan.
Kondisi rumah warga di Entikong yang terdampak banjir bandang. Sejumlah rumah mengalami kerusakan. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang terus melanda Kabupaten Sanggau khususnya di wilayah Kecamatan Entikong membuat belasan rumah warga mengalami banjir bandang, Rabu (25/8). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa

“Banjir bandang tersebut terjadi pada Rabu 25 Agustus sekitar pukul 18.00 Wib. Air surut sekitar pukul 00.00 Wib,” kata Kasi Pencegahan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Kristian Hendro melalui telpon selulernya, Kamis (26/8).

Dikatakan Hendro,, hujan dengan intensitas lebat mengakibatkan sungai merau meluap dan mengakibatkan banjir bandang dan merendam rumah warga serta mengakibatkan tebing longsor menimpa rumah warga.

Akibat peristiwa itu, kata dia. sebanyak 14 rumah di Dusun Entikong dan tiga rumah di Dusun Sontas yang terdampak akibat banjir bandang tersebut.

Selain banjir bandang, di Dusun Entikong, di Dusun Tapang sebanyak dua rumah tertimpa longsor dan di Dusun Peripin sebanyak satu rumah terdampak longsor.

Baca Juga:

“Terjadinya longsor tanah dan menimpa rumah di Dusun Entikong, dengan keadaan dapur dan wc rusak parah. dan terjadinya longsor tanah dan banjir menimpa sebuah rumah di Dusun Tapang dangan keadaan rusak parah, Semua dinding jebol dan tidak bisa ditempati. dan langsung ngungsi di rumah tetangga, harta benda yang ada beberapa tidak bisa diselamatkan,” ungkapnya.

Hendro menambahkan, pada malam itu juga Satgas Desa dan TNI/Polri sudah stand by di TKP untuk membantu warga dengan menyiapkan perahu dan 20 buah pelampung.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Siron menambahkan bahwa terjadinya banjir bandang tersebut kerena curah hujan yang tinggi.

“Dan sekarang sudah surut dan ada rumah yang terbongkar dindingnya kena longsor. dan saya sudah perintahkan staf yang menangani tentang Batingsor untuk melihat ke TKP terkait apa yang dapat kita bantu terhadap rumah yang kena longsor,” ungkapnya. (pek)