Sanggau, BerkatnewsTV. Menanggapi masih cukup banyaknya Desa dan Dusun di Sanggau yang belum berlistrik, Ketua Kadin Kabupaten Sanggau Nur Kurniawan meminta Pemkab Sanggau mengupayakan dan bahkan kalau memungkinkan mengundang investor untuk berinvestasi di bidang energi, terlebih pemerintah pusat dan daerah juga sudah merampingkan perizinan.

“Mungkin paling tidak dari sekarang pemerintah daerah sudah mulai memetakan peta energi termasuk Energi Baru Terbarukan (EBT),” ujar Wawan sapaan akrabnya, Jumat (29/5).

Wawan meyakini, pemerintah daerah sudah memiliki peta energi, namun tidak ada salahnya menjajakan potensi-potensi tersebut kepada swasta.

Selama untuk percepatan pemenuhan kepentingam masyarakat yang mendesak, terlebih secara regulasi memungkinkan bagi swasta yang akan berinvestasi, dan PLN sebagai operator juga diuntungkan.

Wawan pun menegaskan siap membantu dalam menyampaikan salah satu opsi yang bisa mendorong tercapainya program pemerintah daerah, salah satunya sanggau terang.

“Kadin sebagai mitra pemerintah yang diatur oleh undang undang, merasa percaya diri karena kami mempunyai banyak jaringan pengusaha yang nanti kami coba tawarkan pola kerjasama investasi tersebut,” pungkasnya.

Wawan mengingatkan pernyataan Presiden Joko Widodo dalam CEO Summit yang dihelat di Busan Exhibition and Convention (BEXCO) pada beberapa waktu yang lalu yang menyebutkan bahwa keberanian untuk mengambil terobosan besar di era age of disruption adalah opsi satu-satunya untuk kita bisa menjadi pemenang.(pek)