Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka.

Sanggau, BerkatnewsTV. Pemkab Sanggau menyiapkan satu rumah sakit mitigasi untuk menghadapi kemungkinan meningkatnya kasus covid-19 atau corona. Rumah sakit dimaksud adalah RSUD MTh Djaman yang lama dan yang baru di Semboja Kelurahan Bunut.

“Yang baru itu status RSUD MTh Djaman juga. Itu rumah sakit mitigasi. Jadi mitigasi itu kalau sewaktu – waktu ada orang pengen dicek dan diawasi langsung, kalau ODP kan di rumah, tapi kalau PDP itukan di rumah sakit. Tapi apakah pasien itu sakit perut disertai deman misalnya kita taruh disitu dulu. Dan jika nanti ada gejala maka kita serahkan ke rumah sakit rujukan,” ungkap.

Ruangan RSUD yang digunakan untuk mitigasi virus korona dikatakan Kukuh adalah ruangan IGD.

“Ruangan IGD di RSUD bangunan baru itu kita siapkan 10 bad. Ruangnyapun cukup luas, nanti akan disekat – sekat dengan tirai dan sudah siap semua dan tim kesehatan kita sudah ngecek ke sana. Kalaupun nanti harus nambah ruangan, kita punya ruangan lain yang cukup banyak meskipun bad nya belum ada tapi kami punya solusi, tentu kami akan koordinasi dengan instansi lain seperti tentara atau polisi menggunakan bad lipat,” ungkapnya.

Yang pasti, lanjut Kukuh, kalau itu masih ODP dan tidak mengalami keluhan sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit.

“Tapi kalau sudah dirujuk dan rumah sakit menangani, sementara kita di ruangan RSUD lama kita punya tiga, selebihnya itu yang kita bawa dan tangani di RSUD yanh baru. Kalau nanti orang yang kita tangani mengarah ke positif itu yang akan kita rujuk ke rumah sakit rujukan,” ujarnya. (pek)