Description

Ciptakan Produk Unggulan, Ini Upaya Disperindagkop Sanggau

Berbagai kerajinan yang dipamerkan ini menjadi sorotan Bupati Sanggau Paolus Hadi lantaran belum menunjukan sebagai produk unggulan Bumi Dara Nante. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Kasi Pembinaan Usaha Industri pada Dinas Perindagkop dan UM Kabupaten Sanggau, Sylvester Roy Wiranto menjelaskan produk IKM terdiri dari dua jenis, yaitu kerajinan dan makanan / minuman.

“Kerajinan kita sedang mengupayakan beberapa produk yang khas seperti peci kalengkang, dompet kapuak dan batik samer. Sedangkan makanan dan minuman kita bisa mengangkat lempok, merke dan gula merah,” jelas Roy.

Oleh karenanya, lanjut Roy, pola pembinaan terpadu yang dilakukan Dinas Perindagkop dan UM saat ini adalah dengan membuat forum IKmers, forum IKM satu – satunya di Kalbar yang mempunyai Gerai sendiri bahkan terintegrasi dengan belanja online Oke Jack.

Meskipun baru 1,5 tahun berdiri, kata Roy lagi kiprah IKmers sudah nampak. Mulai dari rencana kerjasama dengan modern market, bazaar murah, pameran swadaya sampai mengirim peserta magang Solo. Bahkan, Anggota IKMers sendiri awalnya 12 orang, saat ini sudah mencapai 90 orang dari Seluruh kecamatan di Sanggau

“Namun sebagai tantangan ke depan, betul apa yang disampaikan pak Bupati, kita harus menciptakan produk itu menjadi image oleh – oleh khas Sanggau. Oleh karenanya harus dimulai dari kita sendiri untuk mencintai produk lokal yang kini sudah tersedia di Gerai Samer Pasar Jaray,” pungkasnya.(dra)