Description

Masyarakat Kayong Utara Deklarasi Pemilu Damai

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dan Bupati Kayong Utara Citra Duani saat menanda tangani deklrasi pemilu damai di Kayong Utara. Foto: Ist

Kayong Utara, BerkatnewsTV. Masyarakat Kabupaten Kayong Utara dari berbagai kalangan mendeklarasikan pemilu damai. Deklrasi yang dihadiri langsung Kapolda Kalbar dan Bupati Kayong Utara ini berlangsung di Istana Rakyat Jalan Tanah Merah.

“Saya selaku Kapolda menaruh perhatian besar, agar Pemilu 2019 ini berjalan aman, damai dan tenteram. Ini harapan kita semua,” tutur Kepala Polda Kalbar Irjen Polisi Didi Haryono saat deklrasi damai, Jumat (25/1).

Kapolda berharap kegiatan tersebut tidak hanya berhenti di situ saja. Akan tetapi, musti ada perubahan berarti di tengah masyarakat. Caranya adalah, menyosialisasikan secara terus menerus kepada semua lapisan masyarakat soal Pemilu 2019.

“Ini sudah di depan mata pesta demokrasi segera dimulai. Jangan berleha-leha,” ucapnya.

Deklarasi Damai Pemilu 2019 di Kabupaten Kayong Utara ini dipimpin oleh Dahlia. Wanita berhijab itu merupakan Anggota Bawaslu Kabupaten Kayong Utara. Setelah itu, lalu dilanjutkan dengan penanda tanganan naskah deklarasi oleh peserta.

Anggota Bawaslu Kabupaten Kayong Utara, Dahlia menjelaskan soal maksud dan tujuan Deklarasi Damai Pemilu 2019 ini agar masyarakat secara sadar dan punya keinginan untuk menciptakan Pemilu 2019 di wilayah masing – masing berjalan aman dan kondusif.

“Tentu ini menjadi harapan kita semua. Bahwa deklarasi damai Pemilu 2019 musti dipahami dan dimengerti oleh semua lapisan masyarakat,” ujar mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pontianak itu.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi menyebut, kegiatan tersebut berlangsung berjalan aman dan lancar.

“Kegiatan deklarasi damai ini dengan cara menyentuh langsung di masyarakat dalam rangka mencegah agar situasi aman dan kondusif dalam Pemilu 2019,” katanya.

Kapolres berujar, memasuki masa kampanye sejak 23 September 2018 hingga 14 April 2019 merupakan masa yang rawan gesekan antar pendukung maupun pasangan calon, baik Presiden, DPD, Legislatif.

“Dengan semakin seringnya pelaksanaan deklarasi pemilu di masyarakat dapat menciptakan situasi keamanan dan perlunya pelibatan personel Bhabinkamtibmas di desa binaannya masing – masing dalam mensosialisasikan kampanye damai,” tuturnya.(AKP Cucu Safiyudin)