Description

GOR Terpadu A Yani Type A di Kalbar

GOR Terpadu A Yani Pontianak yang terletak di kawasan Gelora Khatulistiwa Pontianak telah diresmikan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson dan penekanan tombol bersama Forkopimda, Minggu (16/6). Foto: egi
GOR Terpadu A Yani Pontianak yang terletak di kawasan Gelora Khatulistiwa Pontianak telah diresmikan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson dan penekanan tombol bersama Forkopimda, Minggu (16/6). Foto: egi

Pontianak, BerkatnewsTV. GOR Terpadu A Yani Pontianak yang terletak di kawasan Gelora Khatulistiwa Pontianak telah diresmikan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson disaksikan Forkopimda Kalbar dan para pengurus cabang-cabang olahraga dan atlet, Minggu (16/6).

“Ide pembangunan GOR Terpadu A Yani Pontianak ini, terinspirasi dari penataan kembali kawasan Gelora Khatulistiwa sejak tahun 2021, di mana Pemprov Kalbar mengembalikan fungsi kawasan Gelora Khatulistiwa sebagai kawasan olahraga,” katanya.

GOR Terpadu A. Yani ini dibangun sesuai dengan Permenpora Nomor 8 Tahun 2018 tentang Standar Sarana dan Prasarana Olahraga type A.

GOR yang dibangun dengan kapasitas 4000 sampai dengan 5000 orang ini dilaksanakan dalam dua tahap pada tahun 2023 dan 2024. Pada tahun 2023, dimulai dengan pembangunan tahap satu dengan nilai fisik GOR Rp46 miliar lebih, dan kemudian dilanjutkan pembangunan tahap dua pada tahun 2024 dengan nilai Rp52 miliar lebih. Sehingga total Rp98 miliar lebih.

Baca Juga:

“Dengan luas bangunan 4.620 M2, luas ruang bawah tribun: 2610.43 m2, luas tribun: 2847.5 m2 dan luas area lapangan: 2042.57 m2. Luas lahan 14.000 M2, dilengkapi dengan fasilitas kursi sejumlah 4.115 Seat, daya listrik: 555 Kva serta, AC arena + tribun: 40 unit x 10 Pk,” jelasnya.

Selain itu, GOR ini juga dilengkapi juga dengan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas, dengan tersedianya tribun khusus, toilet dan fasilitas pendukung lainnya serta didesain dengan tipikal gedung modern dan menampilkan kekhasan daerah melalui corak-corak etnis Kalbar.

“Sehingga GOR ini tidak hanya sebagai tempat latihan dan berkompetisi, namun juga dapat dimaksimalkan pemanfaatannya sebagai sport science. Ilmu olahraga dapat dikembangkan dan diaplikasikan di sini, dan nantinya tempat ini dapat menjadi tempat pembinaan para atlet untuk meningkatkan prestasi,” tuturnya.

Ia sebutkan tidak lama lagi GOR ini akan mencatat sejarah pertama dengan diselenggarakannya ProLiga bola voli tahun 2024.(egi)