Manajemen Keuangan Dalam Akuntansi Bisnis

Manajemen keuangan dalam akuntansi bisnis
Manajemen keuangan dalam akuntansi bisnis. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Manajemen keuangan adalah praktik pembuatan rencana bisnis untuk kemudian dipastikan pelaksanaannya untuk setiap departemen. Dalam usaha, manajemen keuangan dalam akuntansi bisnis pada intinya adalah praktik pembuatan rencana bisnis untuk kemudian dipastikan pelaksanaannya untuk setiap departemen.

Dengan manajemen keuangan yang baik, perusahaan dimungkinkan memperoleh data untuk membuat visi, mengambil keputusan investasi dan memiliki wawasan untuk mendanai investasi, mengontrol likuiditas, profitabilitas, kas, dan sebagainya.

Description

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan suatu proses yang menyediakan data keuangan dan non-keuangan kepada manajemen organisasi untuk membantu dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Tugas akuntansi manajemen adalah membantu manajer dalam merancang dan mengimplementasikan strategi bisnis, serta meningkatkan kinerja organisasi.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi penting manajemen keuangan untuk perusahaan yaitu planning meliputi perencanaan arus kas serta laba rugi perusahaan, budgeting yaitu penerimaan serta pengalokasian anggaran biaya secara efisien serta upaya untuk memaksimalkan dana yang dimiliki oleh perusahaan, controlling yaitu tahapan mengevaluasi keuangan serta sistem keuangan milik perusahaan, auditing yaitu melakukan audit internal berdasarkan keuangan perusahaan yang ada agar bisa sesuai dengan standar akuntansi, reporting yaitu menyediakan laporan berbagai informasi tentang bagaimana kondisi keuangan milik perusahaan.

Manajemen keuangan dan akuntansi bisnis adalah dua aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Keduanya saling terkait dan saling mendukung dalam mencapai tujuan bisnis. Dengan manajemen keuangan yang baik dan akuntansi bisnis yang akurat, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat, merencanakan strategi bisnis yang efektif, dan meningkatkan kinerja organisasi.(*)

Description