Description

Manajemen Keuangan Perusahaan dan Akuntansi

Manajemen Keuangan Perusahaan dan Akuntansi
Manajemen Keuangan Perusahaan dan Akuntansi. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Manajemen keuangan perusahaan dan akuntansi adalah dua aspek penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Keduanya saling terkait dan berkontribusi pada keberhasilan perusahaan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian kegiatan keuangan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan bagi pemegang saham. Manajemen keuangan melibatkan keputusan tentang investasi, pendanaan, dan dividen.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan komunikasi informasi ekonomi yang memungkinkan pengguna yang berpengetahuan untuk membuat keputusan. Informasi ini biasanya disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

Hubungan Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Manajemen keuangan dan akuntansi saling terkait dalam beberapa cara:

  1. Informasi Akuntansi untuk Keputusan Keuangan

Manajemen keuangan menggunakan informasi akuntansi untuk membuat keputusan. Misalnya, laporan laba rugi digunakan untuk menilai kinerja perusahaan, neraca digunakan untuk menilai posisi keuangan perusahaan, dan laporan arus kas digunakan untuk menilai likuiditas perusahaan.

  1. Akuntansi sebagai Alat Manajemen Keuangan

Akuntansi juga berfungsi sebagai alat manajemen keuangan. Misalnya, akuntansi biaya digunakan untuk menghitung biaya produk atau layanan, akuntansi manajemen digunakan untuk menyediakan informasi untuk perencanaan dan pengendalian, dan akuntansi pajak digunakan untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum pajak.

Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan dan akuntansi adalah penting bagi setiap perusahaan demi keberlangsungan usaha yang dijalankan.(*)