Birokrasi Ketapang Raih Prestasi dari KemenPAN RB

Sekda Ketapang Alexander Waluyo saat menerima penghargaan bagi birokrasi Ketapang yang meraih berbagai prestasi dari KemenPAN dan RB
Sekda Ketapang Alexander Waluyo saat menerima penghargaan bagi birokrasi Ketapang yang meraih berbagai prestasi dari KemenPAN dan RB. Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Birokrasi Ketapang telah meraih berbagai prestasi dari KemenPAN dan RB di tahun 2023.

“Yang sudah kita capai dengan kerja keras ini dapat kita pertahankan dan semua bukan hanya kerja satu orang tetapi kita bersama,” kata Sekda Pemkab Ketapang Alexander Wilyo saat memberikan amanat pada apel gabungan, Senin (12/2).

Adapun beberapa prestasi yang dicapai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yaitu penilaian terhadap menyelenggarakan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) pada Unit Lokus Evaluasi (ULE).

Kabupaten Ketapang berada di peringkat 3 dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dan 93 dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kabupaten Ketapang mendapatkan nilai 4,09 dengan kategori A-, predikat Sangat Baik. Nilai ini meningkat dari tahun 2022 dengan nilai 3,98.

Baca Juga:

KemenPAN-RB juga memberikan penghargaan untuk Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) Kabupaten Ketapang dengan capaian nilai 70,39 predikat BB, penghargaan ini diberikan sebagai ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh ASN terhadap capaian IRB.

“Mengukur kinerja birokrasi diukur dari pelayanan, layanan kita semakin baik artinya birokrasi di Kabupaten Ketapang ini semakin baik. Yang mengukur bukan kita tetapi pemerintahan yang lebih tinggi,” jelas Sekda.

Selain dari KemenPAN-RB, Kabupaten Ketapang turut mendapatkan nilai dari Ombudsman RI Tahun 2023 yaitu Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan memperoleh nilai 85,54 kategori B predikat Kualitas Tinggi dan berada pada peringkat 5 dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dan 172 dari 415 Kabupaten/Kota di Indonesia, nilai ini meningkat dari tahun 2022 yaitu 80,05.(naf)