Description

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Cara mengatasi HP restart sendiri
Cara mengatasi HP restart sendiri. Desain grafis: berkatnewsTV

BerkatnewsTV. Secanggih apapun handphone (HP) pasti akan sering mengalami restart sendiri tanpa sebab. Di tutorial kali ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi HP restart sendiri untuk membantu anda.

HP android sering restart sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti overheat, cache yang menumpuk, RAM penuh, aplikasi yang berat atau bisa jadi karena virus. Untuk mengatasinya, ada trik dan tips cara mengatasi hp restart sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Periksa Pengaturan Handphone Android

Apakah Anda baru saja mengubah setting hp android Anda? Jika iya, maka ubah settingnya menjadi yang asli. Perubahan setting HP android ini juga salah satu penyebab sistem android melakukan restart sendiri terus menerus, jadi hati-hati dalam mengubah setting pada ponsel android anda.

  1. Install Antivirus Pada Handphone Android

Virus adalah musuh dari setiap sistem operasi yang terbuka seperti Windows di komputer atau laptop. Sistem ini dimiliki oleh celah terbuka yang rentan diserang virus melalui browsing, transfer file dan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Keamanan untuk menginstal antivirus terbaik untuk android yaitu CM Security AppLock Antivirus yang kemudian memindai seluruh sistem dan file ponsel Anda termasuk memori eksternal (Micro SD).

  1. Bersihkan Sampah Cache

Sebenarnya membersihkan sampah cache ini harus kita lakukan secara teratur sehingga HP android yang kita gunakan selalu bisa maksimal, sekaligus meminimalisasi masalah pada HP android, termasuk masalah restart sendiri. Gunakan aplikasi cache cleaner terbaik android untuk membersihkan cache dari HP android seperti CCleaner.

  1. Update sistem dan aplikasi terinstal

Mungkin masalah HP tiba-tiba restart terjadi karena bugs pada sistem Android. Coba lakukan update sistem dan aplikasi terinstal. Stabilitas dan perbaikan hanya terjadi apabila Anda melakukan update. Namun opsi update sistem hanya dapat Anda lakukan apabila tersedia versi terbaru dari sistem atau antarmuka pada ponsel Android Anda.
• Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
• Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
• Jika tersedia versi sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
• Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
• Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Android Anda.
• Selesai.

  1. Factory Reset / Hard Reset

Cara ini dapat Anda jadikan pilihan apabila cara-cara sederhana di atas tidak membantu sama sekali. Namun sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Factory Reset akan mengembalikan sistem ke posisi awal dan menghapus aplikasi terinstall. Jika Anda yakin untuk melakukan reset, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

• Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
• Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
• Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
• Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
• Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
• Selesai.

Secara umum, HP yang suka restart sendiri lebih terjadi karena bugs pada sistem Android, bukan dari kerusakan komponen. Meskipun demikian ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone suka restart sendiri. Semoga bermanfaat.