Description

Cara Screenshot di Laptop Paling Mudah

Cara Screenshot di Laptop Paling Mudah
Cara Screenshot di Laptop Paling Mudah Desain grafis berkatnewstv

BerkatnewsTV. Screenshot menjadi fitur yang dibutuhkan. Kini, banyak laptop memberikan cara screenshot di laptop dengan mudah. Umumnya, pada handphone yaitu fitur untuk melakukan capture layar, yang kemudian dikenal dengan istilah screenshot.

Hampir semua pengguna gadget ponsel genggam pasti sudah mengetahui cara untuk menggunakan fitur ini. Namun berbeda dengan laptop, banyak penggunanya belum mengetahui cara untuk screenshot layar laptop.

Perlu diketahui, cara screenshot di beberapa jenis laptop berbeda-berbeda. Namun, hal tersebut tidaklah sulit. Berikut beberapa cara screenshot di laptop yang dapat Anda lakukan di bebeapa brand laptop yang cukup familiar di pasar Indonesia.

  1. Cara Screenshot di Laptop Asus

Ada beberapa cara screnshot di laptop Asus yang bisa Anda gunakan:

• Menggunakan Kombinasi Windows +PrtSc Cara pertama screenshot di laptop Asus dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. Sebenarnya, dengan menekan tombol PrtSc saja sudah bisa untuk mengambil screenshot. Namun dengan menggunakan tombol kombinasi Windows +PrtSc, screenshot sudah terjamin tersimpan dengan baik.
• Menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc Tombol kombinasi lainnya untuk screenshot yaitu Fn + PrtSc. Untuk memakai cara ini, tekan secara bersamaan juga tombol Fn + PrtSc. Jika sudah, Anda bisa mulai membuka aplikasi pendukung, misalnya edit gambar yang biasanya ada di laptop Asus. Sebagai contoh Paint, Photoshop, atau bahkan MS. Word. Ketika membuka aplikasi pendukung tersebut, Anda bisa tekan paste atau Ctrl + V. Kemudian, picture hasil screenshot akan muncul di aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpan gambar tersebut dengan menekan ikon save atau kombinasi Ctrl + S.

  1. Cara Screenshot Di Laptop Acer

• Screenshot di laptop Acer bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtSc secara bersamaan pada keyboard laptop. Dengan langkah ini, picture hasil screenshot akan tersimpan otomatis. Kamu bisa cek hasil screenshot di folder C. Bukalah folder user, lanjutkan dengan membuka folder username, kemudian folder pictures, dan yang terakhir membuka folder screenshots.
• Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot yang disediakan Microsoft. Dengan aplikasi ini. Anda bisa screenshot lebih nyaman dan fleksibel. Sinipping tool berfungsi untuk menyimpan hasil screenshot tanpa perlu membuka aplikasi pendukung lainnya. Untuk screenshot menggunakan Snipping Tool, mulai dengan membuka aplikasi tersebut. Pilihlah bentuk dari screenshot yang sesuai dengan keinginanmu. Setelah itu, aplikasi lain di laptop akan meredup. Pada saat ini Anda bisa memilih atau menyeret halaman yang di-screenshot. Halaman itu secara otomatis ter-capture . Lalu bila ingin mengeditnya, gunakan fitur editing yang ada di Snipping Tool. Ketika hasil editing sudah sesuai, Anda bisa menyimpan gambar dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + S.

  1. Cara Screenshot Di Laptop HP

• Screenshot bisa dilakukan dengan hanya menggunakan satu tombol saja di keyboard laptop, PrtSc. Biasanya terletak di kanan atas. Atau untuk beberapa tipe mungkin berbeda letaknya. Langkah pertama menyiapkan terlebih dahulu layar tampilan yang hendak di-screenshot. Selanjutnya tekan tombol PrtSc untuk menangkap layar. Kemudian, Anda bisa memulainya dengan membuka aplikasi pendukung yang memiliki fungsi untuk editing picture, salah satunya adalah Paint. Aplikasi ini sudah ada di laptop HP tanpa perlu download terlebih dahulu. Pada aplikasi Paint, tekan paste atau Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot. Lalu, Anda bisa langsung menyimpan gambar tersebut. Apabila ingin menentukan sendiri format gambar yang hendak disimpan, pilih fitur “save as” kemudian pilih format gambar mana yang akan digunakan. Bisa juga memilih folder untuk menyimpan file screenshot tersebut.
• Berbeda dengan laptop brand lain, HP menghadirkan cara screenshot dengan menekan tombol kombinasi Windows + G secara bersamaan. Menu dari game bar tersebut akan muncul secara otomatis dan kamu bisa memilih fitur “capture”. Pilihlah ikon kamera untuk screenshot. Hasilnya akan muncul pada folder “galery”. Untuk melihat hasil screenshot bisa juga dengan memilih opsi “Opern File Location” yang biasanya di pojok kanan bawah. Windows + G juga bisa untuk merekam video yang ada di layar laptop. Dengan menggunakan tombol kombinasi ini, Anda bisa membagikan picture hasil screenshot pada sosial media Twitter dan menyimpannya dalam clipboard.

  1. Cara Screenshot Di Laptop Lenovo

• Screenshot Dengan Tombol PrtSc
Langkah pertama yaitu menyiapkan terlebih dahulu layar yang akan di-screenshot. Lalu tekan tombol PrtSc yang biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard laptop Lenovo. Setelah itu, gunakan aplikasi Paint. Aplikasi ini bawaan yang ada di setiap laptop. Setelahnya, paste atau tekan tombol kombinasi Ctrl +V untuk meletakkan screenshot yang sudah diambil. Hasilnya bisa diedit menggunakan aplikasi tersebut. Setelah selesai mengedit, save picture tersebut dengan klik Ctrl + S. Anda bisa memilih sendiri jenis atau format dari picture tersebut dan tempat menyimpannya.

• Screenshot dengan Aplikasi Snipping Tool
Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu layar yang hendak di-screenshot. Lalu cari Snipping Tool pada menu start di laptop Lenovo. Bukalah tombol New pada daftar menu melayang yang muncul. Lakukan screenshot dan simpan pada folder yang kamu inginkan. Kelebihan yang dimiliki Snipping Tool adalah Anda bebas memilih mode screenshot yang diinginkan.

Itulah beberapa cara screenshot untuk masing-masing laptop dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.(*)