Description

Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer

Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV
Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV

BerkatnewsTVBisnis wedding organizer sekarang ini lagi marak dicari orang. Meskipun terselenggaranya acara seperti resepsi pernikahan, adalah musiman. Dalam kata lain, ada tanggal dan momen tertentu saat hendak melaksanakannya, namun untuk menyewa terop dan sebagainya tidak bisa mendadak.

Bagi teman-teman yang belum begitu mengerti, apakah itu Wedding Organizer atau WO serta fungsinya, nanti di dalam artikel ini akan kami jelaskan juga pengertiannya.

Wedding Organizer Adalah?

Mengenal lebih dekat pengertian wedding organizer adalah hal yang harus Anda lakukan. Apalagi, jika Anda menjadi salah satu dari penerus bisnis ini, atau bahkan menjadi klien pun juga harus paham pengertiannya bukan?

Apa itu WO dan tugasnya? Yuk kita simak penjelasan yang akan kami jabarkan. Secara pengertian WO (Wedding Organizer) adalah yang mengatur jalannya acara dalam sebuah pernikahan, dari awal acara hingga berakhir.

Bukan hanya MC yang notabene mengatur acara dengan pembukaan dan penutupan, tetapi bagian yang lain juga termasuk dari struktur kepengurusan WO. Misalnya, yang mendirikan tenda untuk acara pernikahan, hingga yang menyajikan makanan baik dengan cara prasmanan atau pakai piring biasanya.

Nah, mangkanya nanti selama Anda menyewa jasa WO, biasanya akan ada penawaran paket, misalnya paket kompit, yang juga sudah disiapkan menu masakan dan peralatan lengkap lainnya.

Bahkan paket komplit ini juga sudah termasuk jasa rias pengantin dan fotografer yang harganya lumayan mahal.

Untuk mengetahui, tugas utama yang sesungguhnya seorang WO apa saja sih? Di antaranya, melakukan koordinasi dengan pihak keluarga, apa saja yang akan disiapkan dalam acara pernikahan tersebut. dalam hal ini tentunya tergantung paket yang dimau dari pihak tuan rumah.

WO juga harus sigap mengkoordinir keluarga dan juga panitia yang terlibat, rapat antara pihak keluarga dan penghandel acara, melakukan gladi resik, atau percobaan ringan, mengkonsep dengan matang selama acara di hari H terselenggara. Yang terakhir, kita tinggal langsung melakukan semua acara sesuai dengan konsep yang telah disepakati.

Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer, Lihat di Sini!

Memulai bisnis WO memang tidak mudah, apalagi bagi Anda yang masih pemula. Jika memang masih pertama kali atau dalam kata lain belum mempunyai pengalaman, bisa Anda mulai dengan bergabung menjadi crew salah satu jasa WO.

Namun bagi Anda yang kekeh ingin mengetahui cara memulai bisnis ini, dengan perencanaan bisnis wedding organizer yang matang, yuk simak di sini:

1.      Menentukan Target Pasar Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat hendak membuka jasa WO adalah melihat target pasar yang pas dan tepat untuk Anda. Misalnya, target pasar di daerah yang Anda tinggali kebanyakan orang terpandang, nanti bisa memberikan harga yang lumayan tinggi dengan paket lengkap.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika rata-rata menengah ke bawah, jangan pernah memberikan harga paket di atas rata-rata. Bahkan dengan paket lengkap yang Anda tawarkan, Anda juga harus sadar untuk memberikan harga yang agak miring.

2.      Membangun Tim dengan Orang yang Berkomitmen

Cara memulai bisnis wedding organizer yang kedua, harus punya tim solid dan juga bertanggungjawab, serta saling mengisi kekurangan. Sehingga komitmen sejak awal saat mendirikan usaha ini, bisa berjalan dengan semestinya.

Bahkan bisa menimbulkan kekompakan yang membuat pelayanan WO Anda sangat disukai pelanggan.

3.      Bekerja Sama dengan Berbagai Pihak yang Berhubungan dengan WO

Cara ketiga, jangan lupa selalu mencari channel bisnis. Dekati orang-orang yang memiliki bisnis sejalan dengan WO, misalnya saja ikuti komunitas Fotografi, nanti bisa mengajak kerjasama dengannya apabila Anda sedang butuh.

Bahkan bisa juga mengajak kerjasama dengan WO yang sudah professional menyelenggarakan acara pernikahan petinggi. Jika suatu saat Anda mendapatkan orderan di tingkat ini, Anda bisa bertanya-tanya kepada mereka, bahkan mengajaknya bergabung dengan tim Anda juga lebih bagus.

4.      Pikirkan Modal

Modal mendirikan usaha WO tidak sedikit loh kawan, mulai dari peralatan yang dibutuhkan, hingga memberikan fee kepada tim yang terlibat. Coba list keperluan peralatan secara lengkap, dan tabung satu-persatu hingga modal itu benar-benar terkumpul.

Pikirkan, untuk satu peralatan semisal kamera profesional saja harganya berapa? Untuk yang setara DSLR saja sudah jutaan.

5.      Mempromosikan Bisnis dari Orang Terdekat Dahulu

Langkah selanjutnya, jika semua modal dan persiapan tim sudah terbentuk, cobalah mempromosikan ke orang-orang terdekat, dan jangan malu mengatakan kalau Anda sedang merintis bisnis Wedding Organizer.

Orang terdekat ini sangat menentukan kemajuan bisnis Anda kedepannya. Mulai dari lingkup yang paling kecil, buatlah mereka nyaman dengan pelayanan. Ajak mereka juga terlibat mempromosikan jasa Wedding Organizer Anda.

6.      Mempromosikan Bisnis ke Skala yang Lebih Besar

Jangan takut untuk melakukan promosi di skala yang lebih besar, bagaimana caranya? Bisa melalui sosial media, yang tentunya sangat gampang menyebarkan informasi ke orang lain. Kumpulkan testimoni pelanggan yang pernah menggunakan jasa Anda. Karena hal itu sangat berpengaruh.

7.      Kasih Layanan Maksimal

Terakhir, setelah Anda berusaha dengan sekuat tenaga, melakukan promosi dan lain sebagainya. Kini tinggal berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan, berusahalah mendengarkan keluhan mereka. Akan berguna untuk memperbaiki pelayanan jasa ke depannya.

Itulah dia beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam memulai bisnis wedding organizer, semoga membantu.

Apa Saja Perlengkapan Wedding Organizer?

Perlengkapan wedding organizer, sudah harus disiapkan sejak awal. Jika tim WO Anda terbentuk karena Anda sendiri yang membangun dari 0, maka peralatan WO tentu saja Anda semua yang menyiapkan. Akan tetapi, jika terbentuk karena kepentingan bersama, perseorangan yang tergabung dalam 1 tim, masing-masing bisa membawa peralatan yang dimiliki, tentu akan lebih murah modal.

Terlepas dari keterlibatan tim atau bisnis pribadi, rata-rata membangun Wedding Organizer membutuhkan alat sebagai berikut:

  1. Foto dan Juga Video
  2. Soundsystem
  3. Tenda
  4. Meja dan Kursi Sepaket
  5. Perlengkapan Pelaminan
  6. Jasa Tatarias
  7. Perlengkapan Pengantin
  8. Perlengkapan Makan

Perlengkapan di atas, biasanya tidak hanya membutuhkan satu alat saja ya. Misalnya, Anda ingin mengumpulkan kamera, paling tidak, di tim tersebut ada 3 atau lebih kamera yang disediakan. Begitu juga dengan soundsystem, biasanya satu paket dengan microphone nya, dan lain-lain.

Kesimpulan

Ternyata membangun bisnsi Wedding Organizer sangatlah tidak mudah, bahkan modal yang dikeluarkan banyak sekali. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan membangun tim bersama, atau sifatnya bagi hasil.

Di mana ada orang yang sudah punya jasa tatarias dan juga set pelaminan beserta dekorasi. Bisa Anda tarik untuk bekerjasama menjadi satu tim. Tentunya mereka akan punya banyak variasi dekorasi dan juga set pelaminan serta pilihan tatarias dan baju pengantin yang lebih dari satu.

Cara ini tentu akan menghemat biaya dan juga bisa lebih cepat membentuk jasa Wedding Organizer, namun, syaratnya Anda harus bisa menjaga kekompakan.

Itulah dia beberapa penjelasan tentang cara memulai bisnis Wedding organizer yang baik dan lebih hemat biaya, semoga Anda terinspirasi dan mendapatkan jawaban tentang kesulitan membangun bisnis ini ya!