Description

Cara Pemasaran di Era Digital Sangat Ampuh

Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV
Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV

BerkatnewsTVPemasaran di era digital kian merangsak naik, penggemarnya banyak, karena pengguna jasanya juga banyak. Aktivitas transaksi jual-beli online, semakin tren dan booming di kalangan maysarakat. Terutama kalangan anak muda yang gampang memainkan ponsel atau gadgetnya.

Adapun artikel ini akan membahas tentang cara pemasaran di era digital yang paling banyak digemari, dan juga beberapa penjelasan tentang waktu yang tepat untuk memasarkan barang dagangan secara online, selamat membaca.

10 Cara Pemasaran di Era Digital yang Sangat Ampuh untuk Anda

Pemasaran di era digital membuahkan kemudahan bagi para penjual dan pembeli. Di mana Anda sebagai penjual, tidak perlu panas-panas dan lelah menunggu pelanggan datang, bisa ditunggu dengan cara melakukan aktivitas lainnya atau malah dengan hanya rebahan.

Nah cara pemasarab di era digital yang bagus, ada apa saja? Skuy kita lihat di bawah ini ya:

1.      Menggunakan Facebook Ads

Cara pemasaran yang pertama, Anda bisa menaklukkan pelanggan dengan mendaftarkan diri menjadi pemain facebook Ads, Anda sebagai salah satu pelangannya. Di mana bisa menyewa slot iklan untuk mengiklankan bisnis, melalui facebook.

2.      Google Ads

Menjadi pelanggan google Ads juga bisa. Kinerjanya hampir sama, yaitu mengiklankan bisnis melalui tulisan atau gambar, namun peletakannya tidak di facebook, tetapi di google secara langsung. Tampilnya di mana? di blog/web seseorang yang bekerjasama dengan google sebagai publisher iklan.

Setiap ada orang yang membuka blog atau web miliknya nanti akan ada iklan Anda yang tampil.

3.      Menyewa Influencer

Jalan lain, memasarkan bisnis di era digital, bisa dengan menyewa seorang influencer. Biasanya orang ini termasuk orang yang berpengaruh di media sosial, katakanlah instagram. Pengikutnya sudah lumayan banyak, oh iya influencer sendiri ada tingkatannya, kalau mau promosi di sana pelajari terlebih dahulu.

Hitungannya semakin mahal promosi di sana, dilihat dari pengikut atau follower seorang influencer tersebut, semakin banyak semakin mahal. Serta kesempatan bisnis Anda dikenal banyak orang juga semakin besar.

4.      Melalui Media Blog atau Website

Melalui blog atau web, jalan yang agak lama sih tetapi pengaruhnya sangat besar. Anda bisa membikinnya sendiri, membuat blog yang bisa tampil di halaman pertama google. Dengan membidik keyword bisnis Anda, dan membuatkannya artikel, jika Anda lihai SEO, optimasilah hingga artikel itu masuk page one. Tentu banyak mengundang pelanggan.

5.      Email Marketing

Tahukah kalian apa itu email marketing? Sekarang ini marak sekali yang menggunakan cara ini. Pasalnya, email termasuk menjadi kebutuhan yang urgen. Banyak sekali masyarakat yang harus punya email untuk akses apapun.

Lalu bagaimana cara mainnya email marketing? Apakah Anda pernah melihat ada orang yang mengirimi Anda sebuah informasi bisnis di email Anda secara pribadi, dan itu berturut-turut setiap pemilik bisnis mempunyai informasi baru? Nah itulah email marketing, jadi bisa memberikan informasi bisnis secara langsung karena Anda punya akses email mereka.

Bagaimana caranya? Biasanya yang dikirimi, tidak sengaja atau sengaja mengklik berlangganan terhadap suatu link yang telah dibagikan oleh pemilik bisnis.

6.      Google Bisnisku

Cara mempromosikan bisnis yang berikutnya, Anda bisa mendaftarkan bisnis ke google bisnisku,  atau google my bisnis. Cara ini cepat mendapatkan rangking di google loh, dan lumayan bertahan lama serta mengundang pembaca lebih cepat.

7.      Promosi di Akun atau Halaman Facebook

Cara ini, cara yang sederhana namun efeknya Terasa. Anda bisa mencobanya tanpa harus mengeluarkan modal promosi yang banyak. Karena tidak harus membayar orang, melainkan bisa dilakukan sendiri di akun atau halaman facebook masing-masing.

Kalau mau menggunakan cara ini, Anda harus lihai mengolah kata atau bermain copy writing, kalau tidak ahli, maka kekreativan Anda yang harus main, dengan promosi melalui gambar yang menarik.

8.      Call to Action Marketing

Call to action marketing, salah satu cara beriklan yang bisa mengundang pembaca, namun pengaplikasiannya bisa di manapun. Baik di artikel blog, atau bahkan di facebook. Nah apa itu sih call to action?

Promosi yang langsung ke tujuan promosi, tanpa basa-basi. Misalnya saja, “Ini produk Frozen Food kami, Anda bisa membelinya dengan klik di sini.”

9.      Video Marketing

Cara berikutnya, ada video marketing, promosi bisnis dengan cara membuatkannya video. Video yang menarik, bisa dipasang di youtube atau di manapun, biasanya ini adalah pekerjaannya konten kreator, Anda bisa menyewa konten kreator untuk membuatkannya video, dipajang di tiktok juga bagus.

10. Ulasan Bintang 5

Terakhir, termasuk salah satu cara yang terbaik dalam cara pemasaran di era digital adalah membuat ulasan bintang 5, baik di aplikasi playstore, atau di akun marketplace atau di manapun. Yang bisa melakukan hal itu, statusnya adalah pelanggan, Anda bisa menyewa jasa pelanggan dan membayarnya.

Itu dia beberapa sajian cara pemasaran di era digital yang bisa Anda lakukan, di bawah ini akan ada informasi tentang waktu promosi yang tepat.

Waktu yang Tepat untuk Promosi Barang Online

Mau tahu, kira-kira waktu yang tepat untuk promosi itu kapan saja? Pada sub bab kali ini kita akan membahasnya cukup detail. Selain penjelasan tentang strategi atau cara pemasaran yang bisa Anda lakukan di atas, kita juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk promosi.

Agar kita bisa memetakan waktu promosi yang tepat, saya akan menyampaikan 2 contoh promosi di 2 tempat yang berbeda:

Waktu promosi yang tepat di facebook

Pertama, saat menggunakan facebook untuk melakukan promosi, jangan Anda lakukan setiap hari tanpa jeda, apalagi kalau promosinya menggunakan cara Call to action, akan membuat jenuh calon pelanggan.

Kadang kala, butuh mengolah promosi secara halus, dengan menyelinginya informasi yang mengandung edukasi.

Lalu, waktu kapan saja yang cocok? Pagi sebelum semua orang disibukkan dengan aktivitas kerja, misalnya jam 6 pagi. Bisa juga nanti siang ketika waktu istirahat jam kerja orang-orang. Bisa juga waktu malam hari, di saat semua sudah mulai pulang kerja dan waktu santai.

Waktu promosi yang tepat di instagram

Promosi di instagram juga membutuhkan kreativitas yang tinggi, jika di facebook rata-rata promosinya dalam bentuk copywriting, akan berbeda dengan instagram. Biasanya lebih mengedepankan permainan gambar yang menarik.

Bisa juga dengan reels, atau status pribadi. Terlepas dari cara promosi, yang perlu digarisbawahi adalah waktu promosi yang tepat. Yaitu pagi, siang, sore dan malam hari. Kalau bisa, Anda melakukan promosi itu rutin dalam seharinya.

Tetapi jangan bikin konten yang menjenuhkan ya.

Kesimpulan

Wah saatnya kami langsung masuk ke kesimpulan nih, sebagai masyarakat yang tentu saja tidak boleh tertinggal zaman atau primitive, alangkah baiknya juga menjadi bagian dari kemajuan era digital. Kemajuan ini ternyata juga sudah masuk di lini perdagangan loh, atau biasa disebut dengan perdagangan secara online.

Nah kita sudah mengetahui secara detail, ternyata banyak sekali cara pemasaran di era digital ini yang bisa Anda lakukan, bahkan waktu promosi yang tepat juga harus bisa Anda jadwalkan, semoga artikel ini membantu.