Description

Usaha Cocok untuk Mahasiswa Kekinian

Ilustrasi Desaign berkatnewsTV
Ilustrasi Desaign berkatnewsTV

BerkatnewsTV Usaha cocok untuk mahasiswa, sebagai pekerjaan sampingan di tengah kesibukannya dalam menempa ilmu di suatu perguruan tinggi. Namun, kita juga harus memahami, usaha apa saja yang lebih pro Mahasiswa, jadi tidak sepenuhnya menghabiskan segenap pikirannya alias paruh waktu.

Jika di dalam dunia pekerjaan, paruh waktu bisa dikatakan dengan istilah kerennya yaitu Freelance dan bisa dikerjakan sesuai dengan keinginan si pelaku kerja atau bisnis. Nah jika Anda adalah Mahasiswa, pekerjaan atau usaha apa yang ingin Anda bangun?

Di dalam artikel ini, akan menyajikan beberapa informasi terkait beberapa usaha yang cocok untuk Mahasiswa, dan alasan mengapa kita harus membuka usaha sejak dini, terutama bagi kalangan Mahasiswa.

10 Usaha Cocok untuk Mahasiswa, Ini Dia!

Menjadi Mahasiswa, penuh dengan segala pemikiran baru, semangat baru yang bergelora, namun terkadang terbatas waktu karena memang harus memberikan beberapa persen untuk konsentrasi belajar, demi mengejar ilmu dan impian.

Tetapi, ada kalanya para Mahasiswa bisa menempuh jenjang pendidikan tersebut, dengan berdarah-darah, berjuang dengan kemampuan yang ia miliki, termasuk soal biaya kuliah. Bagi teman-teman yang memang kurang beruntung masalah biaya, ini ada list usaha cocok untuk Mahasiswa sebagai sambilan:

1.      Fotografer

Usaha sampingan Mahasiswa yang pertama adalah menjadi Fotografer. Di mana pekerjaan ini bisa Anda jadikan sebuah usaha pribadi atau Anda mengikuti orang yang lebih ahli, misalnya saja ikut ke jasa event organizer, dan Anda berposisi sebagai fotografer.

Jika sampai berhasil mendapatkan orderan, lumayan kan, uang sakunya untuk biaya makan atau biaya foto copy tugas yang diberikan oleh Dosen!

2.      Jasa Pengetikan

Usaha cocok untuk Mahasiswa yang kedua, Anda bisa menjadi jasa pengetikan. Menerima orderan jasa pengetikan di sekitar lingkungan Mahasiswa, tentu saja sangat cocok. Namun rentan dengan biaya yang minim, karena bekerja untuk teman sendiri atau harga bersahabat.

Tetapi jika ingin yang lebih besar, Anda bisa juga dengan membuka usaha jasa pengetikan yang dipasarkan secara onlie, biasanya banyak yang membutuhkan.

3.      Les Privat

Ketiga, bisa dengan menerima Les Privat. Sambilan yang satu ini, biasanya ada enaknya, karena ada durasi waktu untuk membimbing anak-anak belajar. Biasanya paket 1 jam atau 2 jam dalam sehari, jadi sangat bagus untuk sampingan Mahasiswa.

4.      Konten Kreator

Contoh bisnis kreatif mahasiswa yang ke 4 adalah dengan menjadi Konten Kreator. Persyaratan menjadi konten kreator, paling tidak, Anda memiliki kepekaan dalam membuat konten. Namun ada hal yang harus Anda ketahui, bahwa konten kreator biasanya diberikan pekerjaan membuat konten untuk keperluan media sosial.

Jika itu sosmed FB, Anda harus pandai mengolah kata untuk membuat status berbentuk copywriting, namun jika IG, maka pandailah dalam mengolah gambar, sedangkan kadang konten kreator tugasnya adalah membuat video, baik untuk youtube atau tiktok.

5.      Content Writer

Ada lagi nih, Anda bisa menjadi Content Writer, biasanya tugas utamanya adalah membuat tulisan artikel untuk blog. Nah, keahlian menulis Anda sangat diuji di sini. Sebagai pemula, pun masih bisa di hire loh teman-teman, tetapi pemula bisanya diberikan rate yang murah, jadi sambil belajar akan ada penghasilan meski hanya sedikit.

6.      Penerjemah

Berikutnya, ada usaha menjadi penerjemah, biasanya anak Bahasa nih yang mudah mendapatkan pekerjaan ini. Untuk fee, bakal lumayan loh. Misalnya saja, Anda ini kepingin mendapatkan pekerjaan sambilan penerjemah Bahasa Indonesia ke Inggris

Lalu posisinya adalah Content Writer yang ditulis dari Bahasa Indonesia, lalu dijadikan artikel Bahasa Inggris, biaya penulisan artikel inggris lebih mahal loh ketimbang bahasa Indonesia.

7.      Jasa Foto Copy

Hidup di sekitaran Mahasiswa, pasti sangat membutuhkan jasa Foto Copy nih. Karena tugas-tugasnya rata-rata dalam bentuk cetak dan file. Biasanya kalau file untuk presentasi dengan menggunakan proyektor, namun tetap menyetorkan tugas fisik ke Dosen, dan itu butuh media kertas dan hasil fotocopy serta yang asli.

Nah, peluang besar bagi Anda yang ingin menerima sambilan menjadi jasa foto copy, ya kan?

8.      Penjual Online

Penjual online, juga merupakan ladang empuk untuk usaha sampingan Mahasiswa. Penjual online, tentu sangat banyak macamnya, bisa dengan menjual buku atau menjual pernak-pernik, bahkan bisa menjual sketsa kenangan wisuda untuk hadiah saat ada teman yang lulus.

Peluang bisnis online ini sangat terbuka lebar bagi siapapun loh, termasuk Anda.

9.      Jual Pulsa dan kuota

Di era yang serba canggih, semua membutuhkan ponsel untuk memudahkan berkomunikasi dan bersosial media. Kebutuhan pula dan kuota adalah yang utama. Sebagai Mahasiswa, Anda bisa memanfaatkan itu, menjadi penjual pulsa yang bisa di mana saja.

10. Penulis Buku

Terakhir, sambilan yang bisa Anda ambil di antaranya menjadi penulis buku. Sebagai masayarakat Akademika, Anda sangat cocok untuk menggeluti hobi sekaligus mencari pemasukan dengan menjadi penulis buku.

Baik karya fiksi maupun non fiksi. Bahkan jika ada Mahasiswa yang menjadi penulis Best Seller, Anda akan semakin terlihat keren dan mempunyai nilai lebih di mata para Dosen loh.

Mengapa Membuka Usaha Bagi Mahasiswa Harus Sejak Dini?

Banyak pepatah yang mengatakan, time is money. Artinya, waktu adalah uang. Yups, meskipun seorang Mahasiswa ia tidak bisa berpikir sepenuhnya dengan menggunakan prinsip waktu adalah uang, karena kenyataannya Mahasiswa di dalam waktunya, juga merupakan waktu untuk belajar.

Akan tetapi tetap tidak bisa dipungkiri, bahwa di sela waktu luang Mahasiswa, adalah waktu yang terbaik untuk mengembangkan dirinya mengejar impian, termasuk menjadi pengusaha yang sukses.

Pengusaha, membutuhkan waktu yang cukup untuk memikirkan bisnisnya. Jika Anda bukanlah seorang Mahasiswa, melainkan pekerja, pemikiran Anda terhadap bisnis sangat terbatas, adalah hal yang sangat lumrah.

Namun, jika Anda adalah Mahasiswa, pemikiran yang kreatif, dan semangat yang tangguh, serta waktu luang lebih, tentu saja akan rugi jika sebagian waktu tidak digunakan untuk memikirkan masa depannya kelak, termasuk menjadi pengusaha.

Ada dua pilihan sebagai Mahasiswa, memikirkan bisnis pribadi untuk masa depan di sela waktu luang, atau menambah pengalaman yang sangat banyak, untuk bekal menyongsong masa depannya.

Anda tidak boleh diam di tempat, jika ingin sukses. Belajar di kelas, saat menjadi Mahasiswa, memang sangat dianjurkan dan prioritas utama mendahulukan mata kuliah yang sedang Anda tempuh. Namun memikirkan hal lain di lain mata kuliah seperti bisnis, sangat diperlukan.

Mahasiswa harus luar biasa, out of the box, keluar dari pemikiran umum, sepertinya sangat perlu agar kekreatifan Anda terlatih sejak dini. Jika Anda tidak mampu memikirkan usaha pribadi dalam hal ini usaha cocok untuk Mahasiswa, paling tidak, Anda harus menyibukkan diri menambah pengalaman di luar mata kuliah, alias asah skil yang ada.