Jakarta, BerkatnewsTV. Presiden RI Joko Widodo mengumumkan untuk memperpanjang PPKM Level 4 selama satu minggu kedepan mulai Senin (26/7) besok hingga Senin (2/8) mendatang.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan melanjutkan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus,” kata Jokowi, Minggu (25/7) sore.

Namun Presiden tegaskan akan dilakukan penyesauan terkait aktifitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan ekstra hati-hati.

“Pasar rakyat dibolehkan buka seperti biasa namun dengan protokol kesehatan ketat. Dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai dengan pukul 15.00 wib dimana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah,” jelas Jokowi.

Selain itu Jokowi juga memberikan kelonggaran kepada PKL, toko kelontong agen atau oulet voucer, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel, pencucian kendaraan dan usaha kecil sejenis diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 wib.

“Warung makan, PKL, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang tebuka diijinkan dibuka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 20.00 wib dan maksimum waktu makan setiap pengunjung 20 menit,” tambah Jokowi.

Baca Juga:

Terkait bantuan dampak covid-19, Jokowi menyebutkan akan dilakukan peningkatan seperti bansos dan bantuan untuk UMKM.

Secara khusus Jokowi meminta kepada menteri terkait juga segera lakukan langkah maksimal untuk membagikan vitamin, suplemen, memberikan obat-obatan dan konsultasi dokter untuk pasien isolasi mndiri.

Jokowi juga mengingatkan kepada masyarakat penularan varian baru.

“Kita harus selalu waspada karena ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian yang lebih menular. Saya memerintahkan testing, tracing ditingkat dan respon treatmen yang cepat untuk menekan laju penularan dan peningkatan kesembuhan,” tegasnya.

Diakhir, Jokowi mengajak seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa untuk bersatu padu dan bahu membahu melawan covid sehingga kegiatan sosial masyarakat bisa kembali normal.(tmB)