Rapat Forkompimcam Kapuas menyikapi sembilan warga Desa Mengkiang yang terpapar Covid-19
Rapat Forkompimcam Kapuas menyikapi sembilan warga Desa Mengkiang yang terpapar Covid-19. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Sembilan warga Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas terpapar Covid-19. Saat ini, ke sembilan orang tersebut sedang menjalani isolasi di salah satu bangunan Sekolah Dasar di desa tersebut.

“Iya, ada sembilan orang warga Desa Mengkiang yang terpapar. Kami sudah menggelar pertemuan dengan Forkompimcam dan Kades Mengkiang untuk menentukan langkah penanganannya,” ujar Camat Kapuas, Jemain, Senin (29/3).

Camat mengaku belum mendapatkan informasi terkait asal muasal terpaparnya ke sembilan orang tersebut.

“Belum tahu juga dari mana asal usul mereka ini terpapar. Yang jelas nanti akan ditracing oleh petugas,’ ungkap Camat.

Baca Juga:

Dikatakan Camat, gerak cepat yang Ia lakukan begitu mengetahui warga di Desa Mengkiang terpapar adalah dengan menggelar rapat koordinasi bersama seluruh jajaran Forkompimcam dan Kades Desa Mengkiang.

Dari rapat tersebut, ungkap Camat, dihasilkan beberapa keputusan. Yang pertama adalah dilakukan lockdown di Desa Mengkiang mininal 10 hari.

Kedua, dilakukan tracing dan swab kontak erat pada hari Selasa tanggal 30 Maret 2021. Ketiga, Desa membentuk Satgas Covid-19 Pos penduduk keluar maupun masuk ke Desa.

Desa membuat rumah isolasi mandiri Desa menggunakan rumah sekola, baik SD ataupun SMP karena rumah isolasi di Sanggau Permai saat ini dalam keadaan penuh. Kelima, Desa membentuk dapur umum sementara dengan melibatkan kader kesehatan.

“Jadi, besok semua Forkompimcam ke Mengkiang untuk sosialisasi dan bekerja memantau semua pos-pos. Kami juga nanti bekerjasama dengan PT Finantara untuk membantu Desa dalam menyiapkan sarana dan prasarana,” pungkasnya.(pek)