Description

Enam Warga Luar Kalbar Positif Covid-19

Petugas Kesehatan saat melakukan rapid tes terhadap warga untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19.
Petugas Kesehatan saat melakukan rapid tes terhadap warga untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Enam orang warga dari luar Kalbar dinyatakan positif covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison keenamnya diantaranya berasal dari Jawa Tengah dan Jakarta.

“Kasus konfirmasi baru hari ini ada 6 orang. Dimana 6 orang ini KTP nya di luar Kalbar semua. Tapi mereka bekerja di Kubu Raya,” ucapnya lewat voice confrence, Sabtu (25/6) malam.

Baca Juga:

Keenam ini belum dapat diketahui klaster dari mana. “Tidak bisa ditentukan klasternya karena menurut penyelidikan epidemiologi sumber penularan berbeda beda,” terangnya.

Harrison juga menegaskan bahwa setiap orang yang dinyatakan positif covid-19 di Kalbar dilihat berdasarkan identitas kependudukannya yakni KTP.

“Selama ini kita pakai KTP. Pasien ini harus diidentifikasi berdasarkan NIK. Misalnya orang bekerja di Pontianak tapi KTP Kubu Raya maka kita anggap kasus Kubu Raya,” jelasnya.

Hingga Sabtu (25/7), total warga dari luar Kalbar yang dinyatakan positif covid-19 sebanyak 16 orang termasuk 6 orang tersebut dan suspek 13 orang.

Dan total kasus positif covid-19 di Kalbar sebanyak 359 orang namun 4 diantaranya meninggal dunia dan 354 orang lainnya telah dinyatakan sembuh total.

Kemudian yang suspek 516 orang dan 17 diantaranya dirawat di rumah sakit serta kontak erat 15.303 orang.

Dan berdasarkan status zona, tiga kabupaten dinyatakan termasuk zona hijau (tidak ada kasus) yakni Kapuas Hulu, Sekadau dan Kayong Utara. Sedangkan 11 kabupaten lainnya status zona kuning (resiko rendah).(rob)