Investor Cina dan Jepang Nyatakan Minat Bangun Bandara Singkawang

Sebanyak 43 calon investor sedang melihat maket plan pembangunan Bandara Singkawang. Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Sebanyak 43 calon investor datang langsung meninjau lokasi pembangunan bandara Singkawang, Kamis (16/1).

Tidak hanya dari dalam negeri, juga terlihat investor asing dari sejumlah negara antara lain Malaysia, Singapura, Cina dan Jepang.

Setelah melakukan peninjauan, sejumlah investor menyatakan ketertarikan dan minatnya untuk berinvestasi membangunan Bandara Singkawang.

Seperti yang disampaikan calon investor dari Cina, Adon Liu.

“Kami sangat berminat namun masih menunggu penyampaian dari wali kota. Termasuk sistem pengerjaannya. Jika memang sudah cocok maka kami akan meminta bantuan dari China kontruksi,” katanya.

Adon Liu juga mengungkapkan. sesuai dengan program Belt and Road Initiative (BRI) oleh Presiden China, Xi Jinping ingin membuat perdagangan dunia lebih mudah.

“Tapi karena kita berada di regional maka fokusnya ke Asia, dengan adanya airport ini akan mempermudah pengusaha – pengusaha dari Asia yang tergabung dalam ASEAN untuk berinteraksi,” terangnya.

Ia menilai investasi tersebut ada keuntungan untuk semua pihak baik dari pihak China maupun Indonesia. Di mana program investasi pembangunan infrastruktur juga sejalan dengan Presiden RI, Jokowi yang terus mendorong investasi dan poros kemaritiman.

Senada diungkapkan calon investor dari Jepang, Isao Hata yang mengaku pembangunan bandara merupakan perhatian pihaknya.

“Kami konsen kepada pembangunan karena level air tanah sangat tinggi. Jadi perhatian khusus jika nanti mendarat apakah dapat memecah beton mengingat level air sangat tinggi,” terangnya.

Ia jelaskan untuk akses masuk dalam pembangunan butuh waktu untuk pembangunan khusus dan sangat berpengaruh untuk pembangunan bandara.

“Untuk akses masuk ada tim mengenai keseluruhan di Singkawang, kita akan pelajari terus,” katanya.(mzr)

Tulis Komentar