Uji coba komputer yang akan digunakan untuk tes CPNS di Sekadau. Foto: gunawan

Sekadau, BerkatnewsTV. Tes CPNS di Kabupaten Sekadau bakal diikuti sedikitnya 2.640 peserta. Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyiapkan 60 unit komputer untuk sarana pendukung CAT (Computer Assist Tes).

“Untuk tes tertulis nanti akan dilaksanakan di Aula Kantor BKPSDM, di Komplek Pemda Sekadau. Kami sudah menyiapkan 50 unit komputer dan 10 unit komputer cadangan, semua sudah siap pakai dan kemarin juga sudah di uji coba saat ujian dinas,” kata Kepala BKPSDM Sekadau Ignatius Boni, Rabu (15/1).

Sedangkan untuk jumlah peserta, Boni menyebut nantinya tes tertulis itu akan diikuti 2640 peserta se-Kabupaten Sekadau.

Namun ia belum mengetahui kapan tes tertulis CPNS di Kabupaten Sekadau akan dilaksanakan. Lantaran menunggu konfirmasi dari pusat.

“Kalau berdasarkan jadwal nasionalnya kan tanggal 27 Januari 2020. Sekarang kita tinggal menunggu kapan Sekadau akan diberikan jadwal untuk pelaksanaannya. Karena setiap daerah pasti berbeda,” jelasnya.

Meski begitu pihak BKPSDM Kabupaten Sekadau telah melakukan berbagai persiapan seperti pencetakan kartu peserta dan telah menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan tes tertulis.

Boni pun berharap dalam pelaksanaan tes nanti dapat dilakukan dalam 6 sesi, agar pelaksanaan tes juga dalam selesai dengan cepat.

“Tapi kita menunggu dari pusat lagi, harapannya nanti 6 sesi. Kalau 6 sesi dapat selesai dalam waktu 5-6 hari, tapi kalau 5 sesi bisa belasan hari nanti, karena komputer kita juga terbatas,” Katanya.

Untuk passing grade, Boni belum dapat menyampaikan secara lebih rinci, namun seperti yang telah diberitakan sebelumnya diketahui bahwa passing grade CPNS tahun ini lebih rendah dibanding CPNS 2018. Dimana Tes Karakteristik Pribadi 126, Tes Intelegensia Umum 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan 65.(gun)