Forikan Sanggau Raih Penghargaan Gemarikan Dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Ketua Umum Forikan Kabupaten Sanggau menerima penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Dipenghujung tahun 2019, Kabupaten Sanggau mendapat anugerah lagi ditingkat nasional. Untuk kali ini, anugerah yang diterima adalah Penghargaan Gemarikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian.

Pemangku kepentingan di Kabupaten Sanggau dinilai sangat berperan aktif dalam mendukung program peningkatan konsumsi ikan nasional.

Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Sanggau Arita Apolina menuturkan bahwa, Ia tidak pernah menyangka akan menerima penghargaan.

“Fokus kami bagaimana masyarakat Sanggau bisa senang makan ikan, itu saja. Karena ikan adalah makanan yang bergizi tinggi, dan sangat baik untuk perkembangan anak, “katanya usai menerima penghargaan pada acara puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 di Jakarta (14/12).

Arita menyadari, mengkampanyekan makan ikan kepada masyarakat bukan urusan yang mudah, karena banyak faktor yang menjadi kendala diantaranya harga ikan di Kabupaten Sanggau yang masih tergolong tinggi. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat Forikan untuk terus mempromosikan konsumsi ikan kepada masyarakat.

“Ini hasil kerja kita semua, dan harus kita pertahankan. Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau serta masyarakat yang telah mendukung program ini, ” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, H. John Hendri menyampaikan, hanya 3 Provinsi se-Indonesia, Provinsi Kalimantan Barat, Gorongtalo dan, Bangka Belitung dalam Kategori lembaga Forikan aktif.

John Hendri menambahkan, melalui Perikanan Kabupaten Sanggau, Pemerintah mendukung penuh kelembagaan Forikan untuk mengkampanyekan konsumsi ikan kepada masyarakat, anak sekolah, serta kaum milenial melalui APBD Kabupaten Sanggau.(dra)

Tulis Komentar