Rehab Jalan dan Jembatan di Jangkang Dua dari APBD

Rehab jembatan dan jalan di Desa Jangkang Dua yang dananya bersumber dari APBD Kubu Raya. Foto: Okcta

APBD Kubu Raya salah satunya dialokasikan untuk perehaban jalan dan jembatan di Dusun Karya Desa Jangkang Dua Kecamatan Kubu.

Desa Jangkang Dua adalah satu diantara desa yang dilewati oleh pengendara motor. Untuk sampai ke Kecamatan Kubu yang arahnya dari Desa Rasau Jaya ataupun dari Desa Sungai Bulan.

Ada dua alternatif untuk sampai ke Kecamatan Kubu yaitu jalur darat dan air. Pengendara motor banyak memilih jalan darat karena tergolong cepat, mereka memilih melalui Desa Jangkang untuk ke Kubu dibandingkan harus lewat jalan Desa Arus Deras yang menurut mereka terlalu jauh dan harus menyeberang dua kali.

Oleh karena itu pemerintahan desa melakukan perehaban jalan yang sumber dananya dari APBD Kabupaten Kubu Raya yaitu senilai Rp92.453.000 dan CV. Damai Sentosa sebagai pelaksananya.

“Kami ada empat orang dalam pengerjaan perebahan jembatan ini, kami digaji per hari sebesar Rp120.000 dengan jam kerja mulai dari jam 07.00 pagi – jam 17.00 sore,” tutur Irin selaku kepala rombong pekerja perebahan jembatan, Sabtu (16/11).

Satu diantara pekerja Suwardi menjelaskan untuk jalan itu di rehab sepanjang 320 meter dan ada orang lain lagi yang mengerjakannya.

“Yang saya tahu itu untuk pendanaan sebesar Rp5 miliar dan dibagikan untuk 20 desa,” jelasnya.

Pengendara yang sering melewati jalan itu pun mengaku senang adanya perehaban.

“Saya sangat senang sekali APBD nya diarahkan untuk perehaban jalan serta jembatan pedesaan, apalagi Desa Jangkang ini kan jalan darat utama untuk sampai ke Kecamatan Kubu,” ucap Cecep Sunarya pengendara motor dari Desa Rasau Jaya yang sering melewati jalan serta jembatan Desa Jangkang.

Ketika turun hujan, jalan ini cukup becek serta licin maka dengan adanya perehaban jalan ini sangat membantu sekali untuk mempermudah aktivitas masyarakat.

Kesimpulannya, adanya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kubu Raya ini sebagai sumber dana perehaban jalan serta jembatan sangat membantu aktivitas masyarakat sekitar dan mempermudah pengendara atau masyarakat luar yang menggunakan jalur darat untuk cepat sampai ke Kecamatan Kubu.(*)

 

Penulis : Okcta Jesyrianti
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tanjungpura (Untan)

Tulis Komentar