MABM Majukan Figur Muslim di Pilkada Sekadau

Ketua DPD MABM Sekadau, Abdul Hamid

Sekadau, BerkatnewsTV. Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau akan merekomendasikan figur yang cocok dalam pertarungan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

Ketua DPD MABM Sekadau, Abdul Hamid mengungkapkan bahwa dasar pihaknya melakukan langkah itu adalah melihat animo masyarakat Melayu Sekadau atau muslim sudah tiga periode terakhir selama Kabupaten Sekadau melakukan pemilihan umum belum pernah menjabat Bupati maupun Wakil Bupati.

“Melayu atau muslim Sekadau dari awal kabupaten ini melakukan pemilihan umum pada tahun 2005 belum pernah menjadi pemimpin ataupun wakilnya, maka dalam hal ini setelah kami telusuri keinginan masyarakat banyak menginginkannya,”ujarnya, Kamis (7/11).

Bahkan, Kabupaten Sekadau yang dimekarkan pada tahun 2003 silam itu, tak luput dari semua kalangan yang memperjuangkannya termasuk orang Melayu Sekadau, oleh karena itu dirinya akan melakukan penjaringan internal terhadap figur atau nama tokoh muslim yang akan ditampilkan dalam perhelatan Pilkada tahun 2020.

“Kita siap rekomendasi figur cabub dan cawabub untuk pilkada kabupaten sekadau tahun 2020 nanti,” ucapnya.

Adapun sistem penjaringannya nanti tentu dari MABM meminta masukan dari ormas-ormas muslim dan tokoh Melayu yang ada, dan bahkan nanti penjaringan tersebut sampai ke kecamatan-kecamatan, tentang pola kerja nantinya akan dilakukan penentuan figur dan siapa yang dikenal baik dan memiliki visi dan misi untuk kemajuan Kabupaten Sekadau kedepan tentu akan berpotensi direkomendasikan.

Lanjut dia, pihaknya tentu berkomitmen untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi Kamtibmas di Kabupaten Sekadau sebelum maupun sesudah Pilkada 2020.

“Yang jelas kita Melayu juga ingin berperan dalam rangka membangun di Sekadau, apalagi dari jumlah populasi Muslim Sekadau mencapai 35 persen ke atas, jadi ini potensi menjadikan muslim Sekadau berpartisipasi dalam sinergisitas semua etnis untuk membangun Kabupaten Sekadau yang harmonis,” pungkasnya.(her)

Tulis Komentar