Bahas R-APBD, Pimpinan Definitif DPRD Tunggu SK Gubernur Kalbar

Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Kubu Raya salah satu di Kalbar yang belum dilantik lantaran Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Kalbar belum kunjung turun.

“Kita berharap SK Gubernur tentang pimpinan definitif DPRD memang dapat segera keluar,” kata anggota DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah, Minggu (27/10).

Sebab menurut Agus, tatkala pimpinan definitif DPRD telah disahkan dan dilantik maka akan dapat langsung bekerja menjalankan tugasnya terutama pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020.

Untuk saat ini tugas dari pimpinan sementara hanya tiga yakni pembentukan fraksi, penyusunan tata tertib dan mempersiapkan pelantikan pimpinan definitif.

“Memang untuk saat ini berdasarkan surat edaran dari Gubernur kepada Bupati dibolehkan membahas KUA-PPAS, Nota Keuangan, Pandangan Umum Fraksi maupun Jawaban Bupati. Namun untuk pembahasan Rancangan APBD nya merupakan tugas dari Banggar yang akan dibentuk setelah pimpinan definitif dilantik,” terangnya.

Sementara Alat Kelengkapan DPRD (AKD) disebutkan calon Ketua DPRD Kubu Raya belum terbentuk. Hal itu juga menunggu dilantiknya pimpinan definitif.

“Kita belum tahu kapan SK Gubernur keluar. Tapi setelah pimpinan definitif dilantik maka akan segera membentuk AKD tersebut. Seperti Banmus, Banggar, Banleg, BK dan komisi-komisi. Setelah itu terbentuk maka Rancangan APBD baru bisa dibahas,” ujarnya.

Namun politisi PDIP ini optimis APBD TA 2020 Kabupaten Kubu Raya tidak bakalan terlambat. Pihaknya menargertkan selambat-lambatnya pertengahan Desember sudah ketok palu untuk kemudian dilakukan evaluasi oleh Pemprov Kalbar.(rob)

Tulis Komentar