Description

Lestarikan Tradisi dan Budaya Kerajaan

Bupati Kayong Utara saat prosesi cucur mawar kepada pasangan Dyah-Usman. Foto: Rizky

Pontianak, BerkatnewsTV. Bupati Kayong Utara Citra Duani apresiasi pernikahan kerabat dari dua kerajaan yakni dari Kesultanan Pontianak dan Kerajaan Kubu.

Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari sebuah tradisi dan adat budaya yang tentunya patut dilestarikan.

“Apalagi Kesultanan Pontianak dan Kerajaan Kubu ditambah Kerajaan Simpang Matan dari dulunya telah memiliki ikatan kerabat,” tuturnya.

Citra Duani berharap dengan pernikahan kerabat dari dua kerajaan dapat melestarikan nilai-nilai adat budaya khususnya Melayu.

“Budaya pernikahan seperti ini harus tetap dipertahankan. Termasuk di Kayong Utara juga demikian karena sebagian besar masyarakat disana adalah Melayu,” harapnya.

Anggota DPR RI Sy Abdullah Alkadri mengungkapkan bahwa setiap yang menikah di Istana Kadariah selalu menggunakan tradisi dan adat kerajaan

“Ini yang harus kita dipertahankan dan dilestarikan,” ucapnya.

Perwakilan pengantin wanita Sy Abdullah Alkadri menerima seserahan dari keluarga pengantin pria. Foto: Rizky

Ia pun mengungkapkan nilai hubungan kekerabatan antara Kerajaan Kubu dan Kesultanan Pontianak sudah terjalin sejak lama.

“Dan sampai sekarang masih terjalin dengan baik dan itu harus kita syukuri. Tinggal yang penting bagaimana mereka bisa membina rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah,” ungkapnya.

Prosesi pernikahan ini juga melestarikan tata cara makan ala Melayu yaitu Saprahan serta diiringi musik tradisional Tanjidor. (riz/rob)