Description

Sandiaga Ungkap Kunci Sukses Dalam Berwirausaha

Sandiaga Uno saat menjadi narasumber pada seminar kewirausahaan nasional yang mengusung tema "Kuliah cerdas, bisnis mantap" di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak. Foto: Rizky

Pontianak, BerkatnewsTV. Cawapres RI, Sandiaga Salahuddin Uno, menjadi narasumber pada seminar kewirausahaan nasional yang mengusung tema “Kuliah cerdas, bisnis mantap” yang dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai Universitas di Pontianak, di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Dalam materinya, Sandiaga mengajak mahasiswa untuk menanamkan pola pikir yang produktif, inovatif dan semangat etos kerja yang tinggi dengan konsep entrepreneurship atau kewirausahaan.

“Yang terpenting adalah seorang entrepreneur gak boleh JNIPER. Doyan “Julid, Nyinyir, dan Baperan,” ucapnya.

Sandiaga juga menekankan bahwa seorang entrepreneur harus memegang prinsip tidak boleh saling menjatuhkan melainkan harus saling memberikan semangat.

“Berpikirlah kerja tim. Sebuah tim bukan untuk berkompetisi, akan tetapi berkolaborasi menciptakan ide-ide baru,” tegasnya.

Ia pun mengingatkan jika ingin menjadi seorang entrepreneurship yang hebat harus mempunyai sikap yang baik.

“Pertama, berpikir positif, percayalah dibalik kesulitan ada keindahan. Kedua, bagi saya 1000 teman terlalu sedikit sedangkan satu musuh terlalu banyak, selalu pegang peribahasa ini. Ketiga, sempatkan dalam sehari untuk membaca buku. Keempat, mulailah usaha dari hobi. Kelima, jangan ragu untuk memulai usaha. Dan keenam, carilah bisnis yang bisa di bagi dengan jam kuliah,” tuturnya.

Tak lupa, Sandiaga juga membagikan tips kepada mahasiswa agar dapat menjadi orang yang sukses.

“Kesuksesan diawali dari kegagalan. Saya mulai berbisnis bukan dari warisan, saya memulainya dari nol lebih tepatnya akibat di-PHK dari pekerjaan saya. Selain itu, ketika awal berbisnis, pasti akan ada tantangan dan cobaan yang dihadapi. Oleh karena itu, jangan putus berdoa. Kalau cuma kerja-kerja-kerja gak cukup. Kuncinya adalah etos kerja 4-As. Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Saya yakin teman-teman bisa,” jelasnya. (riz)