Description

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Tubuh

Pengaruh stres terhadap kesehatan tubuh
Pengaruh stres terhadap kesehatan tubuh. Desain ilustrasi foto berkatnewsttv

BerkatnewsTV. Pengaruh stres terhadap kesehatan tubuh. Stres adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, membiarkan stres berlarut-larut bukanlah hal tepat karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas keseharian kita.

Membiarkan stres berkepanjangan dan tanpa penanganan, bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, segera lakukan berbagai hal yang dapat menghilangkan stres, seperti hobi, beribadah, hingga menceritakan masalah yang dirasakan kepada orang yang dapat dipercaya untuk mengurangi rasa stres.

Berikut adalah beberapa pengaruh stres terhadap kesehatan tubuh.

  1. Sistem Kardiovaskular

Stres dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah dalam jangka panjang. Stres kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

  1. Sistem Pencernaan

Stres dapat mempengaruhi sistem pencernaan, menyebabkan masalah seperti sakit perut, sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Stres juga dapat memperburuk kondisi seperti sindrom iritasi usus besar dan penyakit refluks asam lambung.

  1. Sistem Imun

Stres dapat melemahkan sistem imun tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Stres juga dapat memperburuk kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

  1. Kesehatan Mental

Stres dapat mempengaruhi kesehatan mental, menyebabkan masalah seperti kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Stres juga dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori.

  1. Berat Badan

Stres dapat mempengaruhi berat badan. Beberapa orang mungkin kehilangan nafsu makan dan berat badan saat stres, sementara yang lain mungkin merasa lapar dan makan lebih banyak.

Pengelolaan stres yang efektif sangat penting untuk kesehatan tubuh. Teknik-teknik seperti meditasi, yoga, dan olahraga dapat membantu mengurangi stres. Jika Anda merasa stres Anda tidak terkelola dengan baik, bicarakan dengan dokter atau profesional kesehatan mental.(*)