Description

Warga Jawa Harus Bantu Pembangunan Daerah

saat pelantikan pada Minggu (22/10), Majelis Adat Budaya Jawa (MABJ) Bengkayang menampilkan berbagai seni budaya Jawa
saat pelantikan pada Minggu (22/10), Majelis Adat Budaya Jawa (MABJ) Bengkayang menampilkan berbagai seni budaya Jawa . Foto: tmB

Bengkayang, BerkatnewsTV. Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis meminta masyarakat Jawa yang tergabung dalam Majelis Adat Budaya Jawa (MABJ) Bengkayang dapat memberikan sumbangsih dan kontribusinya untuk pembangunan daerah.

Sebab Darwis menilai peranan MABJ dalam menjaga kebudayan masyarakat Kabupaten Bengkayang yang majemuk sangat lah penting.

“Majelis Adat Budaya Jawa adalah sebuah lembaga yang berperan penting dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat dan budaya jawa di tengah-tengah masyarakat yang majemuk. Majelis Adat Budaya Jawa juga berfungsi sebagai wadah komunikasi, koordinasi, dan konsultasi antara masyarakat Jawa dengan Pemerintah Daerah maupun Pusat,” ucapnya.

Oleh karena itu, Darwis mengharapkan agar pengurus MABJ periode 2023 – 2027 yang dilantik pada Minggu (22/10) ini yang dapat terus berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Baca Juga:

“Khususnya dalam bidang sosial budaya, seperti yang kita ketahui, Kabupaten Bengkayang adalah Kabupaten yang kaya akan keragaman suku, agama, dan budaya dimana ada 18 etnis yang ada di Bengkayang,” tambahnya.

Darwis berpesan pengurus MABJ Bengkayang menjadi pengurus yang amanah, profesional, dan inovatif. Lakukanlah segala sesuatu dengan niat yang ikhlas, kerja keras yang optimal, dan kreativitas yang tinggi.

“Dan jadilah pengurus yang komunikatif, kooperatif, dan kolaboratif. bangunlah hubungan yang harmonis dengan pemerintah daerah, lembaga adat lainnya, organisasi kemasyarakatan, dan stakeholder terkait.sinergilah dalam berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” pesannya.

Selain itu jadilah pengurus yang inspiratif, edukatif, dan transformatif. Berilah contoh yang baik bagi masyarakat Jawa dalam menjalankan adat istiadat dan budaya Jawa.

Ajak generasi muda untuk mengenal dan mencintai warisan leluhur mereka. Berdayakanlah potensi-potensi yang ada di masyarakat jawa untuk meningkatkan kesejahteraan mereka yang ada di Bengkayang.(tmB)