Description

Sapi Kurban Sumbangan Presiden dari Kubu Raya Bebas Penyakit

Sapi kurban sumbangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Kabupaten Kubu Raya yang telah dinyatakan bebas dari penyakit.
Sapi kurban sumbangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Kabupaten Kubu Raya yang telah dinyatakan bebas dari penyakit. Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sapi kurban sumbangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Kabupaten Kubu Raya dinyatakan bebas dari penyakit.

Dokter hewan dari Provinsi Kalbar dan Kabupaten Kubu Raya telah melakukan pemeriksaan terhadap sapi tersebut.

Alhasil, tidak ditemukan tanda-tanda penyakit hewan sejenis Lumpy Skin Disease (LSD) maupun Penyakit mulut dan Kuku (PMK) dengan jumlah makan normal sebagaimana sapi premium.

“Dokter hewan dari provinsi dan Kubu Raya telah memeriksa sapi tersebut dan hasilnya sehat,” kata Staf Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kubu Raya, Setiawan ditemui berkatnewsTV, Rabu (21/6).

Baca Juga:

Disebutkan Setiawan sapi tersebut merupakan bibit dari Jawa Timur yang dipelihara hingga berusia 2,5 tahun dengan pakan ternak berupa ampas tahu.

Sapi jantan jenis Simmental ini dengan bobot 925 kilogram atau timbangan seberat 1 ton milik peternak asal Desa Madu Sari Kecamatan Sungai Raya.

Sapi kurban sumbangan dari Presiden Jokowi dari Kubu Raya ini untuk Hari Raya Idul Adha 1444 H yang akan didistribusikan ke Kecamatan Kubu.

Ditambahkan Setiawan, pihaknya sebelumnya telah merekomondasikan hasil simulasi buatan sapi lokal di tiga lokasi yakni Rasau Jaya, Kuala Dua serta Madu Sari.

“Namun hasil dari ternak yang dipelihara kawan-kawan tidak masuk kategori dari ketentuan Sekretaris Negara karena bobot masih dibawah 900 kilogram dengan bobot rata- rata masih 800 kilogram,” pugnkasnya.(dian)