Description

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER)

Pengertian Debt to Equity Ratio (DER) Secara Lengkap
Pengertian Debt to Equity Ratio (DER) Secara Lengkap. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Pengertian Dari Debt to Equity Ratio (DER) Secara Lengkap. Debt to Equity Ratio merupakan rasio utang terhadap ekuitas atau modal atau sebuah rasio keuangan yang dapat membandingkan jumlah utang perusahaan dengan modal miliknya.

Sangat bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri maupun untuk pihak luar yang memiliki kepentingan misalnya seperti investor atau pemberi pinjaman. Dengan adanya DER pihak internal dapat melakukan upaya untuk mengoptimalkan kondisi keuangan perusahaannya.

Untuk mengetahui besaran debt to equity ratio, perusahaan perlu melakukan perhitungan terlebih dahulu. Adapun cara menghitung debt to equity ratio adalah sebagai berikut.

Debt to Equity Ratio = Jumlah Liabilitas : Jumlah Ekuitas

Atau Anda juga dapat menggunakan rumusan berikut.

Debt to Equity Ratio = Jumlah Liabilitas : Jumlah Ekuitas x 100%

Dari rumus debt to equity ratio tersebut, dapat dilihat bahwa yang perlu diperhatikan di sini adalah liabilitas dan ekuitas.

Jumlah liabilitas adalah total kewajiban yang harus dibayarkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu, utang jangka panjang, dan utang lancar. Sementara itu, jumlah ekuitas adalah besaran dari keseluruhan modal.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Debt to Equity Ratio dapat disimpulkan bahawa DER merupakan tolak ukur penting bagi banyak pihak yang terlibat dengan suatu bisnis perusahaan. Selamat Mencoba.(*)