Teknologi Layar Ponsel: AMOLED vs IPS, Mana yang Lebih Baik?

Membahas Teknologi Layar Ponsel: AMOLED vs IPS, Mana yang Lebih Baik?
Membahas Teknologi Layar Ponsel: AMOLED vs IPS, Mana yang Lebih Baik? Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Layar merupakan suatu hal layar ponsel yang penting dan harus diperhatikan dalam sebuah smartphone, layar merupakan bagian yang paling sering disentuh dengan penggunanya.

Terdapat 2 jenis yang paling popular dalam layar ponsel yakni jenis layar AMOLED dan IPS LCD. Dari kedua tersebut kira-kira mana yang lebih baik?

Description

IPS LCD – Liquid Crystal Display yang banyak digunakan pada tablet, TV dan mayoritas computer. LCD menggunakan kristal cair sebagai titik cahayanya.

Kelebihannya mampu menampilkan warna layar yang lebih natural selain itu layar ini akan tetap stabil jika terkena sinar matahari. Dan layar ini terbilang cukup awet.

AMOLED – Active Matrix Organic Light-Emitting Diode yang merupakan teknologi baru dari IPS LCD. AMOLED memiliki rasio kontras yang lebih tinggi oleh karena itu biaya produksi yang dikeluarkan cukup lebih mahal, tak hanya itu AMOLED mampu menghemat konsumsi daya hingga 10 kali lipat dari IPS LCD.

Pada kesimpulanya jenis AMOLED memiliki kualitas layar terbaik, namun hal itu tak bisa dijadikan patokan karena banyak pula jenis layar IPS LCD memiliki keunggulan difitur lainnya. Semoga Bermanfaat.(*)

Description