Cara Menjual Mobil Bekas

Cara menjual mobil bekas
Cara menjual mobil bekas. desain liustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Ingin ganti mobil? Sudah bosan dengan mobil lama? Butuh dana cepat? Masih banyak lagi alasan untuk menjual mobil bekas.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjual mobil bekas. Karena kalau asal-asalan, yang ada malah gagal total.

Tips Jual Mobil Bekas Tidak Gagal

Jika baru pertama kali menjual mobil bekas, lakukan langkah-langkah di bawah ini yang telah dikutip dari berbagai sumber agar tidak gagal atau yang lebih parah rugi besar.

Tentukan Harga Jual Mobil

Cara ini dilakukan agar Anda mudah mematok harga mobil dan tidak menghancurkan harga pasaran mobil yang dijual. Cara ini juga menjaga iklim ekonomi jual beli mobil bekas.

Kumpulkan Semua Dokumen

Kelengkapan dokumen mobil dan masa aktif dari dokumen tersebut penting untuk Anda pastikan. Dokumen tersebut diantaranya adalah STNK hingga BPKB.

Jika masa aktif STNK sudah habis sebaiknya Anda segera memperpanjang masa aktif STNK tersebut karena salah satu hal yang paling dinilai dari pembeli adalah kelengkapan dan keaktifan surat-surat kendaraan. Apabila dokumen bermasalah, harga jualnya akan sangat rendah meski kondisi mobil Anda masih bagus.

Buat Penampakan Mobil Seperti Baru

Sudah tentu orang lebih suka membeli mobil yang bersih dan terlihat bagus karena goresan dan noda dapat membuat mobil terlihat lebih murah.

Anda dapat pergi ke bengkel Body dan Detailing sebelum menjual mobil. Pastikan bengkel membuat mobil seperti baru lagi dengan menghilangkan goresan dan lecet, memoles body, cuci karpet, hingga membersihkan interior.

Optimalkan Kondisi Mesin

Buatlah kondisi mesin mobil dalam kondisi seoptimal mungkin sebelum dijual. Anda dapat memeriksa apakah ada noda oli atau tidak. Jika ada, itu berarti ada kebocoran di sana sehingga perlu diservis. Periksa juga minyak rem untuk memastikan tidak ada kebocoran sebelum menjual mobil.

Pilih Tempat Jual Mobil Bekas yang Efektif

Banyak cara yang bisa dilakukan ketika ingin menjual mobil seperti menitipkannya di dealer terdekat atau online. Penjualan secara online banyak dilakukan karena selain mudah, penjual bisa menentukan harga sesuai keinginannya tanpa menggunakan perantara pihak kedua.

Anda harus memiliki strategi dalam menjual mobil bekas untuk mendapatkan harga mobil yang terbaik. Yang harus diketahui ketika menjual mobil bekas yaitu menjual kepada pengguna mobil, bukan kepada penjual mobil bekas.

Karena jika dijual kepada penjual mobil bekas, harga akan ditekan habis dan membuat mobil bekas Anda terjual dengan harga yang relatif murah.(*)