Description

Naga Betina akan Bertraksi di Cap Go Meh

Koordinator Grup Barongsai Perdamaian Pontianak Yulius saat menunjukan naga betina yang dibuatnya untuk turun pada Cap Go Meh di Pontianak, Rabu (1/3).
Koordinator Grup Barongsai Perdamaian Pontianak Yulius saat menunjukan naga betina yang dibuatnya untuk turun pada Cap Go Meh di Pontianak, Rabu (1/3). Foto: alex

Pontianak, BerkatnewsTV. Salah satu naga yang akan diturunkan untuk memeriahkan Cap Go Meh di Pontianak adalah naga betina.

Naga betina ini telah dipersiapkan sejak tiga bulan lalu oleh Grup Barongsai Perdamaian Pontianak dengan ukuran panjang 22 meter berwarna merah.

Untuk mempercantik keindahannya, naga betina ini akan dipasang lampu sebanyak delapan set yang masing-masing memiliki panjang lampu lima meter.

Naga betina ini akan bertraksi menunjukan kebolehannya pada hari Minggu (5/2) mendatang di sepanjang Jalan Gajahmada Pontianak bersama naga jantan lainnya.

“Naga betina akan tampil bersama dua barongsai yang mendampinginya,” kata Koordinator Grup Barongsai Perdamaian Pontianak Yulius ditemui berkatnewsTV, Rabu (1/2).

Baca Juga:

Yulius sebutkan ada perbedaan antara naga betina dan naga jantan. Itu terlihat dari mata dan ekor. Di bagian mata naga betina terdapat alis mata sedangkan naga jantan tidak ada. Sedangkan di bagian ekor berukuran kecil dan lebih mengerucut.

“Kalau untuk panjang naga sifatnya relatif. Bisa dibuat bebas,” terangnya.

Naga betina ini akan dimainkan oleh sejumlah anak remaja dari berbagai kalangan yang telah lama tergabung di Grup Perdamaian Pontianak.

Sama halnya dengan naga jantan lainnya, naga betina ini juga telah mengikuti prosesi ritual buka mata sebelum diturunkan nanti.

Namun, Yulius menyatakan naga betina ini tidak akan mengikuti prosesi pembakaran seperti naga jantan lainnya pada Senin (6/3) mendatang.

“Sebab sesuai janji dengan roh yang telah dimasukan, naga betina ini hanya bisa dibakar setiap tiga tahun sekali. Jadi, tahun ini belum bisa dibakar,”” jelasnya.(lex)